Jangan Sampai Salah! Begini Posisi Jari Tangan Saat Lakukan Pengereman

Jangan Sampai Salah! Begini Posisi Jari Tangan Saat Lakukan Pengereman
Minggu, 1 Maret 2020 13:00
Thio Pahlevi

Berkendara menggunakan motor memiliki risiko besar terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, baik pengendara atau pembonceng harus dilengkapi dengan perlengkapan yang optimal.

Selain riding gear, pengetahuan soal mengemudikan motor juga perlu terus ditambah, salah satunya adalah teknik melakukan pengereman yang baik dan benar. Hal ini diperlukan karena menunggangi kendaraan roda dua ini bukan hanya soal kecepatan, tetapi juga keselamatan.

Kebiasaan buruk yang bisa ditemui pada pengendara motor adalah penggunaan dua jari yang selalu memegang tuas rem depan dan belakang pada tipe motor matik atau pada tuas rem depan dan kopling untuk motor sport serta bebek.

   Baca Juga: Lorenzo Mau Saja Wildcard MotoGP, Asal...

Lalu, seperti apa cara memegang tuas rem yang baik dan benar? Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora pun memberikan penjelasannya.

"Diwajibkan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman. Dikarenakan apabila kita menggunakan empat jari, tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal,” kata Ludhy dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Posisi Tangan Saat Mengerem

 

Lebih lanjut, penggunaan empat jari akan memaksimalkan daya cengkram dan proses pengereman motor. Selain itu, penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman.

"Cengkraman empat jari tentu akan lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan dua jari saja,” kata Ludhy.

   Baca Juga: Usai Tes Qatar, Rossi Masih Khawatir dengan Motornya

Ludhy menambahkan, ketika berkendara, biasakan tangan pengemudi untuk selalu mengepal pada handle stang kemudi. Hal tersebut akan membuat pengendara menjadi lebih nyaman dalam berkendara dan memudahkan untuk mengontrol laju kendaraan.

Penggunaan dua jari selain menyebabkan rasa pegal pada pergelangan tangan, juga bisa menimbulkan dampak buruk. 

Dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba ada sesuatu yang berbahaya di depan mata, saat berkendara menggunakan dua jari dikhawatirkan pengendara tidak sempat untuk menurunkan gas.

Sehingga yang terjadi secara reflek pengendara akan langsung melakukan pengereman, namun tuas gas belum tertutup secara sempurna. Sehingga dapat mengakibatkan ban depan terkunci dan membuat pengendara terjatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.