Kenali Indikasi Kopling Masih Bekerja dengan Baik. Apa Saja?

Kenali Indikasi Kopling Masih Bekerja dengan Baik. Apa Saja?

Motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup digemari di Indonesia. Berbagai tipe motor pun disediakan oleh masing-masing pabrikan, salah satunya motor yang dilengkapi dengan kopling manual. Tipe ini biasanya ditemukan pada model motor bebek atau sport.

Agar kondisi kopling tetap bekerja dengan baik, tentunya perawatan serta pengecekan berkala tak boleh dilupakan. Nah, apa saja indikasinya jika komponen kopling masih bekerja dengan baik?

   Baca Juga: Harga Terbaru Yamaha MX King 150 dan Supra GTR 150 (Juli 2020)

Ade Rohman selaku Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, kinerja kopling dengan kondisi normal dapat dirasakan dari perpindahan gigi yang mulus. Selain itu, penyaluran tenaga ke roda pun berangsur dengan baik atau tidak terasa selip.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Akan tetapi, jika kopling sudah aus, maka gejala yang timbul di antaranya adalah perpindahan gigi yang tidak mulus, akselerasi terasa selip, motor kurang bertenaga, serta oli mesin menjadi cepat berubah warna atau kotor.

   Baca Juga: Pembalap WorldSBK Keturunan Maluku Resmi Bergabung dengan BMW

Kondisi kopling yang masih dalam keadaan normal pun bisa diperiksa dengan cara menyalakan motor dalam keadaan diam. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan putaran roda belakang.

"Kopling motor yang normal adalah ketika kopling ditekan penuh, roda belakang tidak berputar. Sedangkan saat kopling ditekan setengah, roda belakang mulai berputar secara perlahan, dan ketika kopling dilepas penuh roda belakang akan berputar," jelas Ade dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id