Kulit Jok Sobek Bisa Merusak Bagian Busa di Dalamnya

Kulit Jok Sobek Bisa Merusak Bagian Busa di Dalamnya

Biasanya pengendara kurang memperhatikan bagian jok pada sepeda motornya. Banyak pengendara yang menggunakan perekat untuk menutupi bagian jok yang sudah sobek. Kulit yang sudah sobek itu ternyata bisa merusak bagian lain dari jok, yakni busa. 

Suhendi dari bengkel Dinda Jok Sport mengatakan busa akan cepat rusak jika kulit sintetis dibagian atas sobek. Terutama jika dibiarkan dengan keadaan sobek dalam waktu yang cukup lama. Apalagi busa jok sangat sensitif dengan adanya endapan air yang dapat merusaknya.

   Baca Juga: Perhatikan Busa Jok Ketika Motor Terendam Banjir

"Kalau kelamaan kena hujan ya rusak, gara-gara kebuka kan bolong dibiarin tuh rusak. Soalnya busa itu engga tahan lama sih kalau terkena air. Kecuali kalau langsung dikeringin gitu baru bisa tahan. Kalau keseringan didiemin kan airnya ngendap, jadinya busa cepet mati atau biasanya rasa busa jadi kurang empuk," ujar Hendi kepada OtoRider di Tangerang, Senin (27/1).

Jok Motor

 

Menurutnya untuk merawat busa yang sudah rusak itu terdapat dua cara. Jika kerusakan busa sudah parah berarti harus diganti secara keseluruhan. Tetapi jika kerusakan hanya ada di satu bagian kecil, bisa dibetulkan hanya di bagian yang rusak.

   Baca Juga: Solusi Mengatasi Masalah Suara Knalpot Racing yang Meredup

"Kalau umpamanya ada coakan dikit mungkin itu doang yang diganti. Tapi kalau banyak ya mending ganti total baru. Kalau ganti busa total yang lokal itu Rp 130 ribu, kalau original Rp 160 ribu. Kalau coakan doang sih servis aja palingan Rp 25 ribu," ujar Suhendi.

Suhendi pemilik bengkel Dinda Jok Sport ini membuka tokonya di Jl Ciptomangunkusumo, Ciledug, Tangerang. Jika kulit jok sudah sobek, di bengkel Suhendi dapat melakukan pergantian jok dengan harga beragam. Pada kulit jok lokalan hanya dikenakan Rp 50 ribu, sedangkan untuk menggunakan MBtech berkisar di Rp 170-200 ribuan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id