Kuncian Skutik 125 CC Terjaga Performanya untuk Dipakai Harian

Kuncian Skutik 125 CC Terjaga Performanya untuk Dipakai Harian

Skuter matik (skutik) masih menjadi motor yang paling populer di pasar roda dua Indonesia hingga saat sejak muncul pertama kali pada 2000-an. Bahkan berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), skutik berkontribusi hampir 90 persen terhadap penjualan motor nasional.

Penggunaannya yang praktis karena tinggal gas tidak perlu repot-repot naik-turunkan transmisi menjadi salah satu keunggulan yang didapatkan konsumen untuk menggunakan skutik sebagai kendaraan harian. Belum lagi ada tambahan bagasi dalam jok untuk menyimpan barang yang tidak ada di jenis motor lainnya.

Berbicara skutik untuk harian, skutik berkapasitas 125 cc jadi salah satu yang paling banyak diminati konsumen. Namun akan percuma rasanya jika pemilik tidak mempersiapkan motornya agar performanya terjaga apalagi untuk dipakai setiap hari. Salah satu cara menjaganya adalah dengan memanaskan mesin motor sebelum digunakan.

"Pemanasan mesin diperlukan, supaya oli bisa merata dulu ke seluruh bagian mesin. Saat motor diparkir (dalam kondisi mati), otomatis oli yang tadinya ada di atas atau di bagian lain akan turun ke bak penampungan oli yang ada di mesin. Kalau tidak ada pemanasan terlebih dahulu efek terpanjangnya bearing dan piston akan rusak, timbul suara kasar nantinya," ujar salah satu Teknisi Honda Astra Motor Center Cawang, Jakarta, saat dihubungi OtoRider.

Dari situ bisa disimpulkan bahwa penggunaan oli yang tepat sangat berpengaruh pada performa mesin. Dikatakan pria yang akrab disapa Dodo itu, oli yang tepat untuk mesin skutik 125 cc adalah yang direkomendasikan pabrik.

"Rekomendasi pabrik, 10W-30," katanya.

Dari banyak pilihan oli, Federal Matic Ecomaxx 30 bisa menjadi salah satu solusi agar kondisi mesin skutik 125 cc tetap terjaga. Federal Matic Ecomaxx 30 memiliki spesifikasi AE 10W-30 API SL JASO MB sebagai pelumas sintetik mesin motor matik. Federal Matic Ecomaxx 30 direkomendasikan untuk jenis motor matik Honda 125cc sampai 150cc dengan usia pemakaian kurang dari 5 tahun.

Federal Matic Ecomaxx 30 dilengkapi fitur Active Moly, yang mampu menjaga mesin dari gesekan sehingga skutik hemat bahan bakar. Fitur Viscoelastic molecules yang mampu meningkatkan kinerja mesin dan akselerasi mesin lebih optimal serta Double ACT Cleaner untuk membersihkan komponen mesin motor 2 kali lebih efektif. Dengan demikian oli satu ini menjadi solusi tepat untuk menjaga performa mesin skutik agar terjaga performanya sebagai transportasi harian.

 

Teks: Imam

Foto: Danu

oprek motor bengkel tips vario 125 honda

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id