Mau Ban Tetap Awet dan Nyaman Digunakan? Begini Cara Merawatnya

Mau Ban Tetap Awet dan Nyaman Digunakan? Begini Cara Merawatnya

Ban menjadi salah satu komponen motor yang bersentuhan langsung dengan jalan. Agar performanya tetap optimal, ban juga perlu mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Hal ini diperlukan agar kenyamanan serta keselamatan berkendara tetap terjaga.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat ban motor? Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Tes Konsumsi Bahan Bakar, Vespa S 125 i-get 2020 Tembus 50 Km Lebih

Menurut Jimmy, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga ban tetap awet. Salah satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah tekanan angin ban.

Tekanan angin ban motor/ nitrogen

"Perhatikan tekanan angin ban, sesuaikan tekanan angin standar. Jangan membawa beban yang berlebih," kata Jimmy pada OtoRider.

   Baca Juga: Punya Tampilan Baru, Berikut Detail Spesifikasi Honda ADV150 2020

Umumnya, ukuran tekanan angin ideal yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan tertera di salah satu bagian motor, seperti di bagian lengan ayun pada motor tipe bebek atau sport serta di dek depan pada motor tipe matic. Ukuran tersebut juga direkomendasikan sesuai kondisi berkendara, misalnya riding sendirian, berboncengan, atau membawa barang.

Selain itu, lanjut Jimmy, lokasi parkir motor juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh agar ban tetap dalam kondisi optimal. "Hindari parkir terlalu lama di bawah terik matahari dan juga sebaiknya rutin membersihkan ban motor," jelasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id