Mengenal Istilah Komponen Mesin Motor Camshaft?

Mengenal Istilah Komponen Mesin Motor Camshaft?
Rabu, 24 Juni 2020 14:00
Brian

Pernahkah Anda mendengar istilah komponen Camshaft pada sepeda motor? Biasanya komponen ini sering juga disebut sebagai noken as. Komponen ini memiliki kinerja yang cukup penting dalam sebuah mesin sepeda motor.

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan, noken as atau camshaft merupakan salah satu inti dari mesin sepeda motor. Noken as memiliki pengaruh yang cukup besar dalam performa sepeda motor. Dirinya menyebutkan komponen ini selalu hadir pada sebuah mesin motor, kecuali pada mesin rotary dan dua tak.

   Baca Juga: Tips Berkendara Motor Saat Era New Normal, Sudah Tahu?

"Noken as itu bisa dibilang salah satu inti dari motor, karena dia yang mengatur timing antara TMA dan TMB. TMA itu titik mati atas dan TMB itu titik mati bawah. Setiap pabrikan motor pasti punya dapur masing-masing soal noken as ini," ujar Fikri saat diwawancara OtoRider, Rabu (24/6).

TMA sendiri adalah posisi dimana piston berada di titik paling atas dalam mesin. Sedangkan TMB merupakan titik dimana piston berada di posisi paling bawah dalam sebuah mesin.

Pabrik Mesin Harley-Davidson Amerika Serikat

 

Fikri menjelaskan, posisi noken as biasanya berada di atas sebuah mesin. Noken as atau camshaft ini juga menyambung kepada kuruk as atau crankshaft melalui rantai keteng. Ketiga komponen ini lah yang dapat mengatur jarak TMA dan TMB.

   Baca Juga: GSX-R1000 Berlapis Bodi Full Karbon, Lebih Ringan Puluhan Kilogram

"Noken as ini menyambung dengan kruk as melalui rantai keteng, atau rantai timing, atau biasanya disebut juga rantai kamprat. Jarak antara TMA dan TMB itu bisa diatur melalui noken as. Makanya banyak motor 150 cc dari pabrikan yang mempunyai diameter dan langkah mirip tetapi tenaganya berbeda-beda, itu bisa jadi karena noken as," pungkas Fikri singkat.

Saat ini noken as banyak hadir dari sejumlah merek sebagai sparepart modifikasi. Noken as modifikasi ini biasanya bertujuan agar motor menjadi lebih kencang. Sehingga banyak digunakan oleh bengkel-bengkel yang ingin membangun motor balap.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.