Tips Berkendara Motor Saat Era New Normal, Sudah Tahu?

Tips Berkendara Motor Saat Era New Normal, Sudah Tahu?

Adanya wabah Covid-19 membuat masyarakat harus menjalani era kebiasaan baru alias New Normal. Artinya, masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas kembali namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Agar kesehatan serta keselamatan berkendara tetap terjaga, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini meliputi kegiatan sebelum berkendara, cara berkendara, hingga setelah berkendara.

   Baca Juga: Harga Baru Yamaha Aerox 155 dan Lexi (Juni 2020)

Lalu, apa saja tips berkendara motor ketika memasuki era kebiasaan baru?

Sebelum berkendara, sebaiknya lakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Selanjutnya, periksa kondisi motor, terutama jika sudah lama tidak digunakan. Pengecekan ringan dapat dilakukan seperti periksa kemungkinan kebocoran oli, tekanan angin ban, sistem pengereman dan kopling, serta kondisi lampu-lampu.

"Persiapkan juga riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan, dan jaket," ujar Johannes Lucky, Manager Safety Riding AHM dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Safety riding saat virus corona dan psbb/ sarung tangan

Lucky menambahkan, persiapkan juga masker cadangan untuk mengantisipasi jika masker yang digunakan kotor atau basah saat berkendara. Sehingga, saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman.

   Baca Juga: Tak Hanya Honda, Ducati Ternyata Juga Tertarik Pada Pol Espargaro

Lebih lanjut, Lucky menghimbau agar tidak menggunakan helm secara bergantian dan usahakan untuk selalu gunakan visor saat berkendara. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian. Pastikan juga selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

"Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah," kata Lucky.

   Baca Juga: Komunitas GTVS Gelar Silaturahmi, Pengukuhan DPP Indonesia, serta Pelantikan

Saat tiba di tujuan, segera cuci tangan dan wajah dengan sabun. Ketika sampai di rumah, segeralah mandi. "Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung," jelasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id