Motor Terendam Banjir, Perlukah Kuras Oli?

Motor Terendam Banjir, Perlukah Kuras Oli?

Curah hujan tinggi di sejumlah daerah mengakibatkan beberapa lokasi terendam banjir. Celakanya, seringkali masyarakat terdampak tak sempat menyelamatkan harta bendanya, khususnya kendaraan.

Kendaraan yang terendam banjir sendiri ternyata masih memiliki harapan untuk bisa kembali normal. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor tidak mengalami kerusakan berat.

   Baca Juga: Basis Mesin Sama, Lebih Kencang Honda BeAT Baru atau Genio?

Nah, bagaimana caranya? Bolehkah motor langsung coba dinyalakan usai terkena banjir? Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia memberikan penjelasnnya.

"Olinya lebih baik dibuang. Kalau dalam kondisi banjir, sebelum dipakai jangan langsung dinyalain. Baiknya dicek dulu olinya apakah ada airnya atau tidak," jelas Rialdy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Banjir

 

Lebih lanjut, ia juga menganjurkan untuk melakukan pengecekan pada sektor kelistrikan motor. 

"Segala macamnya harus dicek dulu. Kalau motor langsung dinyalain, yaudah kalau campur air pasti rusak. Kan enggak boleh ada air di mesin," ujar Rialdy.

   Baca Juga: Hari Terakhir Tes Qatar, Marc Marquez Coba Pakai Winglet 2019

Senada dengan Rialdy, Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro pun mengungkapkan bahaya yang terjadi jika oli mesin tercampur air.

"Kalau oli dibiarkan tercampur air, efeknya pasti akan ada gerusan dalam mesin dan ruang bakar. Bisa kena ke komponen piston, itu bisa menyebabkan baret," kata Adih saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id