Pakai Ban Dual Purpose untuk Harian, Apakah Cocok?

Pakai Ban Dual Purpose untuk Harian, Apakah Cocok?

Ban menjadi salah satu komponen pada motor yang perlu diperhatikan untuk memberikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dalam berkendara. Ban sendiri umumnya memiliki beragam model pattern atau kembangan, salah satunya adalah ban dual purpose. Nah, apakah ban model ini cocok untuk digunakan harian?

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, ban model dual purpose memiliki sejumlah manfaat ketika digunakan harian.

   Baca Juga: Yamaha Hadirkan Motor Sport Touring Terbaru, Tracer 7 GT 2021

"Ban dual purpose cocok untuk dipakai harian, terutama untuk yang jalan dilaluinya tidak selalu jalan aspal. Manfaatnya adalah tetap nyaman berkendara di jalan aspal dan tanah berbatuan," kata Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ban FDR Hover

Ban dual purpose sendiri salah satunya dihadirkan oleh FDR pada produk Hover. Ban berkarakter dual purpose ini diklaim nyaman digunakan untuk melewati berbagai medan jalan, baik off-road ringan maupun aspal.

Ban ini memiliki kembangan blok horizontal yang berguna untuk memberikan traksi saat melewati medan off-road. Kembangan yang lebar serta dalam juga membuat tanah dan kerikil mudah lepas.

Ban FDR Hover

Lalu, bagaimana dengan pengendara yang baru beralih dari menggunakan ban on road menjadi ban dual purpose? Jimmy mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memakai ban model dual purpose.

   Baca Juga: Tak Hanya Gelar Juara Dunia MotoGP, Ini Catatan Gemilang Suzuki di 2020

Menurut Jimmy, model pattern ban dual purpose lebih renggang dibandingkan dengan ban on road. Hal ini bertujuan agar ban dual purpose bisa tetap nyaman dipakai di jalan rusak atau tanah berbatu. Sedangkan, ban on road memiliki grip lebih baik saat dipakai di jalan raya. 

"Untuk itu pengguna ban dual purpose harus lebih waspada terhadap kecepatan dan saat belok ketika digunakan di jalan raya, tidak bisa sekencang ataupun serebah (saat belok) seperti saat menggunakan ban tipe on road. Jadi perlu agak disesuaikan sedikit gaya berkendaranya," jelas Jimmy.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id