Penyebab Busa Jok Muncul Bintik Hitam

Penyebab Busa Jok Muncul Bintik Hitam

Busa pada bagian dalam jok merupakan komponen penting yang memberikan kenyamanan pada pengendara sepeda motor. Busa yang masih bagus biasanya memiliki tekstur yang empuk. Namun tidak jarang ditemukan busa yang sudah memiliki bintik-bintik berwarna hitam.

Suhendi selaku pemilik bengkel Dinda Jok Sport mengatakan bintik hitam pada busa mengartikan adanya kebocoran pada kulit jok. Titik bocor akan membiarkan air masuk dan menghinggap dalam busa. Sehingga warna hitam itu keluar berupa bintik-bintik di sejumlah titik busa.

   Baca Juga: Kulit Jok Sobek Bisa Merusak Bagian Busa di Dalamnya

"Itu akibat yang bocor kena air gitu, dibiarin jadi bintik-bintik hitamnya keluar. Kalau dibiarkan terlalu lama ya busanya bakal rusak. Soalnya busa itu engga tahan lama, apalagi kalau kena air," ujar Hendi sapaan akrabnya ketika ditemui OtoRider beberapa waktu lalu di Tangerang.

Jok Vespa Modern

 

Menurutnya busa sendiri memiliki rentang waktu penggunaan yang cukup lama. Asalkan tidak terjadi kebocoran, busa dapat digunakan hingga lebih dari 4 tahun. Biasanya busa yang memiliki masa umur panjang adalah busa yang original seperti yang digunakan pabrikan motor.

   Baca Juga: Perhatikan Busa Jok Ketika Motor Terendam Banjir

"Kalau original ya bisa 4-5 tahun kuat, asal jangan bocor saja. Cuman ya 5 tahun itu sudah pasti kempes dan mati, standar ya 5 tahunan lah," pungkasnya.

Untuk mengganti busa pada jok motor, bengkel Dinda Jok Sport yang berlokasi di JL Ciptomangunkusumo, Cildeug, Tangerang, ini menawarkan harga yang beragam. Pada busa lokal dibanderol seharga Rp 130 ribu dan untuk busa original dibanderol seharga Rp 160 ribu. Sedangkan untuk mengganti titik-titik yang hitam atau coak hanya dikenakan jasa Rp 25 ribu saja.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id