Periksa Tanda-Tanda Plat Kopling Sudah Aus

Periksa Tanda-Tanda Plat Kopling Sudah Aus

Kopling merupakan peranti penting sebuah sepeda motor yang berhubungan langsung dengan transmisi. Kopling yang sudah aus tentunya tidak akan bekerja secara maksimal. Bahkan cenderung membuat performa motor menjadi lambat bahkan tidak nyaman digunakan.

Selagi Work From Home atau di rumah saja, pemilik sepeda motor tentunya dapat mengecek apakah kopling pada sepeda motor masih bagus atau tidak. Dealer Honda Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati pun memberikan tips tanda-tanda plat kopling sudah mulai aus.

   Baca Juga: Tahu Kunci Socket? Begini Cara Penggunaannya yang Baik dan Benar

Berdasarkan keterangan di website dealer Honda Wahana, terdapat ciri-ciri pelat kopling tidak bekerja secara maksimal. Salah satunya adalah sulitnya berpindah gigi atau transmisi percepatan.

Bak kopling Transparan

 

Disebutkan setidaknya terdapat 5 sampai 6 pelat atau kampas kopling pada sebuah sepeda motor. Bagian ini bekerja jika tuas kopling dilepas, pelat akan rapat satu sama lain, seperti sebuah kampas rem. Namun saat tuas kopling ditarik pelat akan merenggang yang membuat pengendara dapat berpindah transmisi.

   Baca Juga: Pakai Bensin Tak Sesuai Rekomendasi Pabrikan? Ternyata Dampaknya Bisa Fatal

Namun jika perpindahan gigi tidak berjalan sebagaimana mestinya, artinya pelat kampas kopling tersebut harus segera di ganti. Hal tersebut merupakan tanda bahwa pelat kopling telah mengelami kerusakan dan harus segera diganti. Cirinya sangat mudah, yakni pengendara akan kesulitan saat menarik dan melepaskan kopling serta saat mengganti gigi.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id