Tahu Kunci Socket? Begini Cara Penggunaannya yang Baik dan Benar

Tahu Kunci Socket? Begini Cara Penggunaannya yang Baik dan Benar

Beragam kunci perkakas tersedia untuk membantu dalam memudahkan perawatan serta perbaikan kendaraan. Salah satu kunci perkakas yang mungkin jarang digunakan adalah Ratchet atau Socket.

Kunci ini berfungsi untuk membuka atau memasang baut dan mur agar lebih mudah. Namun, tahukah Anda bagaimana penggunaannya yang baik dan benar?

   Baca Juga: Daftar Harga Skutik Maxi Yamaha (April 2020)

Gatot Sulistyo Aji selaku Product and Development Staff Tekiro Tools pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kunci socket ini.

"Cara penggunaannya pertama pilih kepala socket sesuai dengan ukuran kepala baut atau mur. Pasang kunci socket, bagian drive hole bertemu dengan drive square pada kepala ratchet," jelas Gatot pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Kunci ratchet atau socket Tekiro Tools

 

Setelah itu, lanjut Gatot, geser bagian set lever ke kanan atau ke kiri. Untuk mengencangkan, geser set lever ke kanan dan untuk mengendurkan geser set lever ke kiri.

"Pastikan socket terpasang pada kepala mur dengan sempurna, yakni masuk sampai menutupi kepala mur atau baut. Kemudian atur arah putaran dengan menggeser tuas ke kiri atau ke kanan," ucap Gatot.

   Baca Juga: Mekanik Tim Monster Yamaha Ungkap Sisi Lain Valentino Rossi

Sebagai catatan, lakukan pengenduran baut atau mur yang sudah dalam keadaan longgar. Jika baut atau mur masih kencang, maka kendurkan terlebih dahulu menggunakan kunci lainnya.

Selain itu, apabila akan digunakan untuk mengencangkan baut atau mur, jangan gunakan untuk proses terakhir mengencangkan. Gunakan kunci lainnya lebih dulu saat proses pengencangan terakhir.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id