Perpanjang Usia Aki Motor, Berikut Cara Membersihkan Sendiri di Rumah

Perpanjang Usia Aki Motor, Berikut Cara Membersihkan Sendiri di Rumah
Sabtu, 23 Mei 2020 10:00
Thio Pahlevi

Sistem kelistrikan motor tentunya sangat bergantung pada kondisi komponen aki. Sehingga, agar performa aki tetap optimal, maka diperlukan perawatan secara berkala.

Perawatan ringan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah salah satunya adalah membersihkan terminal aki. Nah, berikut OtoRider sajikan tips membersihkan terminal aki berdasarkan buku pedoman pemilik. Kali ini, motor yang menjadi contoh adalah All New Honda BeAT.

   Baca Juga: Siapa yang Lebih Kencang? Supra GTR 150 atau MX King 150?

Sebelum membersihkan, lepas dahulu komponen aki dari kabel-kabel penghubungnya. Sekadar catatan, untuk melepas aki, buka terlebih dahulu terminal negatif, kemudian baru buka terminal positif. Sedangkan, untuk memasang kembali aki, lakukan hal sebaliknya dari proses pelepasan.

Ilustrasi aki motor

Jika aki sudah terlepas dan kondisi terminal-terminal mulai berkarat serta sudah dilapisi zat berwarna putih, maka cucilah menggunakan air hangat dan lap bersih. Untuk menghilangkan karat, bersihkan dan gosok terminal menggunakan sikat kawat atau amplas.

   Baca Juga: Indikator BBM All New Honda BeAT Berkedip, Berapa Sisa Bensinnya?

Demi menjaga unsur keselamatan diri, disarankan juga untuk menggunakan kacamata pengaman. Hal ini diperlukan agar tak ada cipratan kotoran yang berisiko mengenai mata.

Usai dibersihkan, Anda bisa langsung memasang kembali aki ke tempat semula. Agar usia pakai aki tetap terjaga, dihimbau untuk tidak memasang aksesori yang bisa membebani sistem kelistrikan, khususnya aki.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.