Rawat Komponen Kopling, Perhatikan Jarak Main Bebasnya!

Rawat Komponen Kopling, Perhatikan Jarak Main Bebasnya!

Kopling menjadi salah satu komponen yang umum ditemui pada motor tipe bebek atau sport. Agar kinerjanya tetap maksimal, pemeriksaan serta perawatan secara berkala tentunya tak boleh dilewatkan.

Pemeriksaan kopling yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah antara lain mengatur jarak main bebasnya. Hal ini pun turut dijelaskan oleh Ade Rohman selaku Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora.

   Baca Juga: Kemungkinan Kembali Balapan, Ayah Lorenzo: Dia Sedang Bernegosiasi

Menurutnya, langkah pertama bisa dilakukan dengan memastikan jarak main bebas pada handle kopling. Ade menghimbau, pastikan jarak main bebas selalu berada pada kisaran 10-20 mm.

"Cara penyetelannya dengan melonggarkan mur pengunci, kemudian putar mur penyetel sampai dapat standar jarak main bebas, dan terakhir kencangkan mur pengunci," jelas Ade dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Ilustrasi Kopling

 

Selanjutnya, lakukan penyetelan pada kopling bagian bawah. Caranya dengan melonggarkan mur pengunci, putar mur penyetel sampai mendekati standar jarak main bebas, kencangkan mur pengunci, dan lakukan penyetelan pada sisi atas dekat handle kopling untuk mendapatkan standar jarak main bebas.

"Pastikan kabel kopling bisa bekerja dengan normal, tidak ada serabut kabel yang rusak, terjepit, routing kabel sesuai standar, dan kabel dapat bergerak dengan bebas saat handle kopling ditekan," kata Ade.

   Baca Juga: Harga Terbaru Motor Off-Road 150 cc (Juli 2020)

Setelah melakukan penyetelan kopling, lakukan pemeriksaan dengan meletakkan kendaraan dalam keadaan kondisi standar tengah. Kemudian hidupkan mesin, tekan handle kopling serta masukan ke gigi 1 dan lakukan pemeriksaan roda belakang motor.

"Kopling motor yang normal adalah ketika kopling ditekan penuh, roda belakang tidak berputar. Sedangkan saat kopling ditekan setengah, roda belakang mulai berputar secara perlahan dan ketika kopling dilepas penuh roda belakang akan berputar," ucap Ade.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id