Review 1 Tahun Penggunaan Honda Vario 125

Review 1 Tahun Penggunaan Honda Vario 125

Kita semua pastinya ingin agar performa sebuah motor tentunya akan tetap terjaga meskipun sudah digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, perawatan yang dilakukan harus baik dan benar.

Biasanya, motor yang OtoRider review adalah sebuah unit baru. Nah, kali ini akan sedikit berbeda. Kami melakukan review pada unit motor yang sudah dipakai dan menjadi kendaraan operasional redaksi OtoRider, yakni All New Honda Vario 125 CBS.

All New Honda Vario 125 CBS yang kami review ini baru saja memperpanjang pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan alias STNK. Artinya, motor ini sudah satu tahun dipakai sejak pertama kali membelinya. Jarak tempuhnya sendiri sudah cukup jauh, dengan rentang waktu penggunaan 1 tahun, motor ini telah mencapai jarak 21.000 km.

Reviewer kami Hieronimus Girindra atau kerap disapa Manut, menjajal skutik 125 cc ini untuk kembali di-review. Tentu saja review yang dilakukan berbeda dengan motor baru. Review kali ini membahas bagaimana rasa, performa dan kekuatan motor ini setelah dipakai selama satu tahun itu.

Lalu, bagaimana kondisi All New Honda Vario 125 CBS setelah dilakukan pemakaian selama satu tahun?

Usai penggunaan selama satu tahun, kondisi yang paling terlihat adalah pada segi tampilannya. Di bagian bodi motor mulai banyak baret-baret, antara lain di sisi kanan serta kiri bodi, bagian spakbor, dan di sekitar bodi depan. Goresan ini bisa jadi disebabkan karena tersenggol motor lain saat berada di parkiran atau barang-barang bawaan.

Sementara itu, bagaimana dengan kondisi mesinnya? Urusan perawatan berkala kami percayakan pada bengkel resmi. Kami melakukan servis berkala sesuai periode anjuran pabrikan. Berkat servis rutin, mesinnya kami rasakan masih enak dan halus.

Akan tetapi, yang kami rasakan sudah mulai timbul gejala gredek dari bagian transmisi. Uniknya, usai melakukan servis berkala, gejala gredek-nya menghilang. Namun, setelah pemakaian kembali dalam interval 3.000 km, gejala tersebut muncul kembali. Gejala gredek ini juga paling terasa saat skutik dipacu dalam kecepatan rendah hingga menengah. 

Pengetesan juga kami lakukan bersama komunitas motor dalam acara bertajuk 'Sunmori Coolest Matic Challenge' menggunakan oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki spesifikasi 10W-30 JASO MB. Dari hasil pengetesan yang berjarak kurang lebih 50 km, temperatur mesin tetap stabil dan tarikan motor tetap enteng meskipun diajak berputar-putar di tengah panas dan kota Jakarta.

Selain itu, konsumsi bahan bakarnya secara mengejutkan bisa mencapai 52,12 km/liter dalam mode berkendara standar yang seringkali buka tutup gas.

Bahkan, dari hasil pengetesan lebih lanjut tim redaksi OtoRider pada All New Honda Vario 125 CBS selama pemakaian setahun, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 49,6 km/liter dalam mode berkendara standar serta 56,7 km/liter pada mode Eco. Kondisi mesin juga tetap terjaga meskipun sudah digunakan selama setahun.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli agar performa motor matic tetap optimal.

Vario 125 honda panning

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id