Saat Darurat, Bahan-Bahan Berikut Bisa Digunakan Sebagai Pelumas Rantai

Saat Darurat, Bahan-Bahan Berikut Bisa Digunakan Sebagai Pelumas Rantai

 

Rantai merupakan komponen penggerak paling penting pada motor bebek ataupun motor sport. Pasalnya rantai merupakan penghubung antara roda belakang dan transmisi. Sehingga kehadirannya sangat penting dan perlu diperhatikan kondisinya.

Biasanya perawatan rantai cukup mudah, yakni hanya diberikan pelumas berupa chainlube secara berkala. Namun bagaimana caranya melumasi rantai jika disaat darurat dan tidak memiliki chainlube? Ternyata melumasi rantai bisa dengan cairan lain.

   Baca Juga: 4 Cara Menjaga dan Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong

"Kalau rantai kan cuma dilumasi dan itu sederhana saja pakai chainlube. Kalau enggak punya chainlube bisa pakai oli bekas, karena yang penting kan dilumasi. Saat keadaan darurat seperti sekarang ini ya bisa gunakan bahan yang ada saja," ujar Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor di Palmerah Barat, Jakarta beberapa waktu lalu.

rantai

Sutrisno yang pernah bekerja sebagai mekanik di bengkel Honda ini juga menyebutkan, jika tidak terdapat chainlube ataupun oli bekas, melumas rantai dapat menggunakan bahan lain. Dirinya menyebutkan penggunaan bahan-bahan dapur yang memiliki sifat yang dapat melumas rantai. Sehingga dapat digunakan disaat darurat seperti pada pandemi Corona saat ini.

   Baca Juga: Cara Ampuh Cegah Karat Pada Tangki Motor

"Selain chainlube sama oli bekas, sebenarnya bisa pakai bahan lain yang biasanya ada di dapur. Kalau darurat banget minyak sayur pun boleh dipakai, kalau enggak ada minyak sayur pakai mentega juga boleh. Seperti yang tadi dijelaskan, yang penting ada pelumasnya saja karena itu penggerak," jelasnya.

Seperti diketahui, minyak sayur dan mentega memiliki kesamaan sifat yang dapat melicinkan permukaan. Sehingga kedua bahan tersebut bisa menjadi akal-akalan pengganti chainlube disaat darurat.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id