Tahu Nama Kunci Perkakas Ini? Kapan Harus Digunakan?

Tahu Nama Kunci Perkakas Ini? Kapan Harus Digunakan?

Beragam kunci perkakas banyak tersedia untuk memudahkan saat merawat atau membongkar motor. Kunci perkakas tersebut antara lain adalah kunci pas, kunci ring, hingga obeng.

Nah, kali ini OtoRider akan membahas lebih spesifik tentang obeng. Obeng sendiri memiliki berbagai jenis dan ukuran, salah satunya adalah obeng ketok atau impact driver.

   Baca Juga: Komparasi Harga CBR150R, R15, dan GSX-R150, Siapa Lebih Mahal?

"Obeng ketok atau impact driver berfungsi untuk membuka baut yang keras atau tidak bisa dibuka menggunakan tangan. Biasanya penggunaan obeng jenis ini dilakukan saat membuka baut pada blok mesin atau korter," kata Gatot Sulistyo Aji, Product and Development Staff Tekiro Tools pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Obeng ketok atau impact driver

Cara menggunakannya pun tak bisa sembarangan. Jika tidak sesuai, tentunya usia pakai kunci perkakas tersebut pun akan menjadi lebih cepat.

   Baca Juga: Suzuki Ecstar Tolak Kehadiran Valentino Rossi. Apa Penyebabnya?

"Pertama, pasang mata obeng ketok yang pas dan sesuai pada sekrup yang akan di buka. Kemudian pasang obeng ketok tegak lurus pada sekrup. Setelah itu, putar obeng sesuai arah yang diinginkan. Terakhir, tahan posisi obeng ketok dan pukul bagian belakang obeng ketok dengan menggunakan palu," jelas Gatot.

Saat obeng diketok menggunakan palu, mata obeng akan bergerak mendadak sesuai arah yang diinginkan. Torsi besar yang tercipta akan membantu membuka baut atau sekrup yang keras dan sulit terbuka.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id