Ternyata Ban Memiliki Masa Kadaluarsa, Berapa Lama?

Ternyata Ban Memiliki Masa Kadaluarsa, Berapa Lama?

 

Terlihat kokoh, ternyata ban juga memiliki masa kadaluarsa. Jika telah memasuki masa kadaluarsa, tentu saja ban tidak akan bekerja dengan optimal.

Ban sendiri menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan yang bersentuhan langsung pada jalanan. Lalu, berapa lama biasanya ban mengalami kadaluarsa?

   Baca Juga: Jangan Salah! Ternyata Ini Efek Penggunaan Semir pada Ban Motor

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban memberikan penjelasannya. Menurutnya, kadaluarsa ban tergantung dari lokasi produksi ban tersebut.

Ban motor, TWI, Semir Ban, Ban Botak

 

"Tergantung. Jadi begini, kalau bicara ban itu ada produksi luar negeri dan dalam negeri. Kalau produksi luar negeri, semua ban baru import, itu biasanya kadaluarsanya atau layak pakainya 6 tahun," kata Bagus saat ditemui OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Awas! Begini Cara Mengetahui Busi Motor Palsu atau Asli

Sementara itu, lanjut Bagus, ban-ban produksi lokal biasanya hanya memiliki masa kadaluwarsa rata-rata sekitar 2 tahun. Masa ini dihitung dari tanggal produksi awal ban tersebut.

"Kalau kita membeli ban itu dengan, katakanlah sekarang tahun 2020, kita tarik mundur menggunakan ban produksi 2016 itu masih oke untuk ban import. Tapi kalau untuk ban-ban yang non-import atau lokal, itu masa expired-nya 2 tahun," jelas Bagus.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id