Jangan Salah! Ternyata Ini Efek Penggunaan Semir pada Ban Motor

Jangan Salah! Ternyata Ini Efek Penggunaan Semir pada Ban Motor

 

Penggunaan semir ban memang biasanya diaplikasikan agar ban terlihat mengkilap, khususnya setelah dicuci. Seringkali, tempat pencucian motor juga sudah dilengkapi dengan layanan semir ban.

Namun ternyata, ada beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh semir ban. Bahkan, dalam jangka waktu penggunaan yang lama, bisa mengakibatkan kerusakan pada ban.

   Baca Juga: Pilihan Apparel Sarung Tangan dan Protektor Komine

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya terkait pemakaian semir pada ban motor. Menurutnya, penggunaan semir memiliki lebih banyak kerugian dibandingkan keuntungannya itu sendiri.

Ban motor, TWI, Semir Ban, Ban Botak

 

"Jika digunakan untuk bagian dinding ban, itu juga dalam jangka waktu panjang akan menimbulkan getas pada karet ban tersebut. Bisa menimbulkan retak juga," kata Bagus saat ditemui OtoRider di kawasan Depok, Jawa Barat beberapa hari lalu.

   Baca Juga: Terdepak dari Yamaha, Apa Keputusan Valentino Rossi ke Depan?

Bagus menambahkan, jika semir sampai terkena bagian telapak ban, itu juga akan membuat ban menjadi licin. Kalau itu terjadi, tentu saja ban tidak dapat mencengkram jalan dengan maksimal.

Ban sendiri memiliki fungsi paling krusial pada sepeda motor. Selain berfungsi untuk menggerakan sepeda motor, ban yang sehat tentunya menjadi salah satu faktor keselamatan. Sehingga ban yang licin maupun retak tentunya akan sangat membahayakan pengendara.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id