Tips Bersihkan Lapisan Luar Helm

Tips Bersihkan Lapisan Luar Helm
Selasa, 5 Mei 2020 14:00
Thio Pahlevi

Penggunaan helm yang sesuai standard tentunya akan memberikan perlindungan maksimal saat berkendara motor. Agar kinerjanya tetap optimal, perawatan helm secara berkala dianjurkan untuk dilakukan.

Hal ini pun turut dijelaskan langsung oleh Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Menurutnya, helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang paling penting. Sehingga, perawatan pun perlu dilakukan.

   Baca Juga: Ragam Aksesoris Resmi Yamaha X-Ride 125, Pertegas Gaya Petualang

"Dengan melakukan perawatan helm tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan," ujar Lucky dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Terdapat beberapa bagian helm yang perlu dilakukan perawatan, salah satunya adalah lapisan luar helm. Nah, bagaimana caranya?

Perawatan helm

 

Pertama, bersihkan lapisan luar helm beserta kaca helm atau visor jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu, serta hujan. Pembersihan disarankan menggunakan kain serat halus atau micro fiber dan sabun khusus perawatan helm.

Penggunaan micro fiber sendiri bertujuan untuk mencegah lapisan luar helm menjadi lecet saat proses pembersihan.

Selanjutnya, hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm. Hal ini dikarenakan pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor helm. Dampaknya, bisa menurunkan tingkat kejernihan visor helm.

   Baca Juga: Dengarkan Suara Istimewa Mesin Dua Silinder Suzuki GSX-S300

Terakhir, untuk membersihkan detail-detail kecil, Anda dapat menggunakan cotton bud. Penggunaan ini diperlukan untuk menjangkau area helm yang sulit, seperti lubang ventilasi helm yang berfungsi menjaga sirkulasi udara.

Lucky menambahkan, sebaiknya bersihkan helm minimal satu bulan sekali. Namun, jika dipakai setiap hari, pembersihannya dapat dilakukan setiap minggu atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.