Tips Cara Mengecat Motor Sendiri Dirumah

Tips Cara Mengecat Motor Sendiri Dirumah

Cat merupakan bagian penting demi menjaga kebersihan maupun estetika sepeda motor. Salah satu cara membuat motor tetap rapih mengkilap seperti baru adalah dengan melakukan cat ulang. Pengecatan pun ternyata dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa menggunakan tenaga ahli. Kira-kira bagaimana caranya?

Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor menyebutkan pengecatan bodi motor dapat dilakukan dirumah dengan menggunakan pylox. Pylox yang digunakan biasanya adalah yang memiliki kualitas bagus seperti Aerox atau Samurai. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan selama proses pengecatan.

   Baca Juga: Berikut Hal yang Menyebabkan Komponen Injeksi Rusak

"Pertama harus dibersihkan dulu bagian yang mau dicat, jadi harus dicuci pakai air dan sabun. Kalau ada bagian yang kasar atau debu nempel ya harus di amplas sampai permukaannya halus. Kalau engga dibersihkan nanti cat tidak akan nempel ke bodi atau bagian yang dicat," ujar Tris sapaan akrabnya kepada OtoRider, Selasa (3/3).

Paska-pengecatan

 

Selain pembersihan, pengerjaan pengecatan juga diusahakan berada di tempat tertutup. Namun jika ditempat terbuka, disarankan jangan melakukan pengecatan melawan arah angin. Jika tidak terbiasa, hentikan proses pengecatan ketika angin berhembus.

   Baca Juga: Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Cepat Pudar

"Kalau mau ngecat sendiri, diusahakan di dalam ruangan. Tetapi kalau tidak ada ya diluar juga engga apa-apa, asalkan jangan melawan arah angin. Kalau engga, pas ada angin berhenti dulu juga engga apa-apa," ungkap Tris.

Dirinya juga menambahkan, jika mengecat menggunakan warna glossy jangan dilakukan dibawah lampu atau sinar matahari. Menurutnya cat yang menempel akan memantulkan cahaya sehingga tidak terlihat jelas bagian mana yang belum rata oleh cat. Tetapi jika mengecat warna doff, dibawah sinar matahari atau lampu pun tidak masalah.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id