Tips Periksa Volume Oli Mesin, Perhatikan Tanda Ini!

Tips Periksa Volume Oli Mesin, Perhatikan Tanda Ini!

Perawatan motor secara berkala tentunya akan menjaga performanya tetap optimal. Tak hanya ke bengkel, Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah, salah satunya adalah mengecek volume oli mesin motor.

Kesesuaian volume oli mesin pastinya akan menjaga sistem pelumasan tetap bekerja dengan baik. Lalu, bagaimana cara memeriksa volume oli mesin?

   Baca Juga: Perpanjang Usia Aki Motor, Berikut Cara Membersihkan Sendiri di Rumah

Kali ini, OtoRider akan memberikan tips memeriksanya berdasarkan buku pedoman pemilik. Unit motor yang menjadi contoh adalah All New Honda BeAT.

Pertama, letakkan motor dengan posisi menggunakan standar tengah. Ketika mesin motor dalam kondisi dingin, maka nyalakan terlebih dahulu dan biarkan putaran mesin secara stasioner. Lakukan hal ini selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Ganti oli mesin

Setelah itu, matikan mesin dan tunggu selama 2 sampai 3 menit sebelum membuka tongkat pengukur oli atau dipstick. Kemudian, buka dipstick dan lap hingga bersih pada bagian tongkatnya.

Masukan kembali dipstick sampai menyentuh dudukannya, tetapi jangan menyekrupnya. Selanjutnya, angkat dipstick dan lihat kondisi volume oli sesuai batas yang tertera di ujung tangkai dipstick.

   Baca Juga: Perbandingan Konsumsi BBM Supra GTR 150 vs MX King 150. Siapa Lebih Irit?

Volume oli yang tidak sesuai tentunya akan berdampak pada kinerja mesin. Jika oli terlalu banyak, maka bisa menyebabkan putaran mesin menjadi terhambat. Sehingga akan berpengaruh pada tenaga motor, bahkan bisa mengakibatkan motor menjadi lebih boros bensin.

Sedangkan, volume oli yang terlalu sedikit dapat menyebabkan komponen mesin tidak terlumasi dengan baik. Dalam waktu lama juga bisa menyebabkan motor harus turun mesin.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id