Tips Praktis Merawat Ban Motor Agar Tetap Awet, Sudah Paham?

Tips Praktis Merawat Ban Motor Agar Tetap Awet, Sudah Paham?

 

Ban menjadi komponen motor yang bersentuhan langsung dengan aspal saat dikendarai. Oleh sebab itu, perawatan ban tentunya menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Agar ban tetap awet dan aman serta nyaman digunakan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, apa saja?

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Agar komponen ban tetap awet, ia memberikan beberapa tips praktis terkait cara merawatnya.

   Baca Juga: Dukung Pariwisata Lokal, Berikut 5 Tips Touring ala Royal Enfield

"Tips praktis merawat ban di antaranya adalah perhatikan tekanan angin ban, sesuaikan dengan tekanan angin standar," jelas Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ban, Nitrogen, tekanan angin

 

Senada dengan Jimmy, Ade Rohman selaku Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) turut merekomendasikan tekanan angin ideal pada ban motor. Menurutnya, tekanan angin pada motor matic di bagian roda depan sekitar 28 hingga 30 psi dan untuk roda belakang sekitar 31-33 psi.

   Baca Juga: Cicilan Motor Listrik Gesits, Per Bulan Mulai Dari Rp 600 Ribuan

Untuk tipe motor bebek atau Cub, tekanan roda depan sekitar 29 hingga 30 psi dan roda belakang 31-33 psi. "Berbeda dengan jenis matik dan Cub, untuk motor jenis sport tekanan angin ban roda depan adalah 39 hingga 41 psi dan roda belakang 39-41 psi," ujar Ade.

Tak hanya tekanan angin ban, Jimmy juga menambahkan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk merawat ban motor. "Jangan membawa beban yang berlebih. Hindari parkir terlalu lama di bawah terik matahari. Rutin membersihkan ban motor," katanya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id