Sabun dan Semir Bisa Bikin Ban Motor Cepat Rusak? Ini Penjelasannya

Sabun dan Semir Bisa Bikin Ban Motor Cepat Rusak? Ini Penjelasannya
Senin, 28 Desember 2020 15:00
Thio Pahlevi

Mencuci motor secara rutin tentu akan membuat tampilannya tetap mengkilap dan menjaga cat agar tak mudah kusam. Umumnya, proses pencucian motor membersihkan hingga ke bagian ban. Bahkan, usai dicuci, ban turut diberikan cairan semir agar mengkilap. Namun, apakah sering mencuci ban motor menggunakan sabun dan melapisinya dengan semir bisa membuat ban cepat rusak?

   Baca Juga: Valentino Rossi Jadi Atlet Paling Dicintai Di Italia, Kalahkan Sejumlah Nama Besar

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait penggunaan sabun dan semir ban.

Ilustrasi Cuci Motor

 

"Sabun cuci motor ada berbagai macam jenis. Hindari sabun cuci motor yang tidak jelas mereknya dan kandungan bahan kimia keras. Usahakan penggunaan sabun hanya untuk menghilangkan kotoran yang sulit hilang dengan air biasa," jelas Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Scorpion Hadirkan Helm Full-Face Terbaru, EXO-520 Air 2021

Jimmy menambahkan, penggunaan sabun yang terlalu sering atau ekstrem bisa membuat ban menjadi keras dan mengurangi daya cengkram di aspal. Lantas, bagaimana dengan penggunaan semir ban?

"Untuk semir ban saat ini ada bermacam-macam. Hindari semir ban yang tidak jelas mereknya karena kita tidak tahu kandungan zat kimianya. Hindari pula pemakaian semir ban yang terlalu sering karena membuat ban menjadi licin dan kelamaan bisa merusak compound ban. Jadi sekali-sekali saja penggunaannya," ujar Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.