Tips Rawat Helm Tetap Awet dan Bebas Bau

Tips Rawat Helm Tetap Awet dan Bebas Bau
Sabtu, 2 Mei 2020 08:00
Thio Pahlevi

Helm menjadi salah satu peranti berkendara motor yang sangat penting. Penggunaan helm yang sesuai standard tentunya akan menjaga keamanan serta keselamatan berkendara.

Agar kondisi helm tetap awet dan terjaga, pemilik juga dianjurkan untuk selalu memeriksa serta merawatnya secara rutin. Hal ini pun turut dijelaskan oleh Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

   Baca Juga: Komparasi Akselerasi Vario 150 vs PCX 150, Siapa yang Lebih Unggul?

"Dengan melakukan perawatan helm, tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan," kata Lucky dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat helm agar tetap awet serta terbebas dari bau tidak sedap.

Yamaha NMax, Helm Arai

 

Pertama, untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm saat berkendara, gunakan helmet liner atau helmet cup. Selain dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menimbulkan jamur, keringat juga dapat menurunkan kualitas dari busa helm itu sendiri.

Selanjutnya, usai digunakan, jangan langsung masukkan helm ke dalam tas atau tempat penyimpanan yang tertutup. Hal ini dikarenakan, helm yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengakibatkan berjamur.

   Baca Juga: Rossi Belum Beri Keputusan, Begini Sikap Tim Petronas Yamaha

Lucky menghimbau, sebaiknya bersihkan helm minimal setiap satu bulan sekali. Akan tetapi, jika helm sering digunakan setiap hari, maka pembersihan dapat dilakukan setiap minggu atau segera setelah terkena hujan.

"Kenyamanan perlengkapan berkendara selaras dengan keselamatan. Gunakan helm yang berstandar SNI dan pastikan tetap cari aman dengan merawat perlengkapan berkendara secara berkala," ucap Lucky.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.