5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara Motor Di Musim Hujan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara Motor Di Musim Hujan

 

Musim hujan telah memasuki sejumlah kawasan di Indonesia. Oleh sebab itu, para pengendara motor dihimbau untuk melakukan persiapan agar tetap bisa beraktivitas menghadapi musim penghujan. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman berkendara di musim hujan?

Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta pun memberikan penjelasan. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor, baik di segi fisik maupun kondisi kendaraan itu sendiri.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Honda CB150X, Pakai Pelek Jari-Jari

Pertama, selalu pastikan kondisi motor dalam keadaan baik sebelum digunakan. Terutama pada area penting seperti saringan udara, busi, dan CVT untuk motor tipe matic. Pastikan tidak terbuka, karena bagian tersebut berpotensi mudah terkena cipratan air hujan (water splash).

Ilustrasi banjir

Selanjutnya, selalu siapkan jas hujan di bagasi motor. Hal ini diperlukan sebagai antisipasi agar pengendara tetap bisa melanjutkan perjalanan jika tiba-tiba hujan turun. Disarankan menggunakan jas hujan yang berbentuk baju dan celana serta memakai sepatu yang tidak licin dan aman untuk berkendara.

   Baca Juga: Royal Enfield Tandai Keterlibatan dalam Pelestarian Budaya Indonesia

"Disarankan menggunakan helm dengan visor bening. Hal ini agar tidak mengganggu pandangan saat berkendara. Pastikan lampu depan dan belakang serta lampu sein berfungsi dengan baik serta menyala terang. Hal ini mempermudah pengendara agar bisa melihat kondisi jalan dan pengendara lain dari belakang dengan jelas ketika turun hujan," jelas Hasan.

Terakhir, pilih rute atau jalur yang aman dari banjir jika terjadi hujan lebat. Hindari melewati rute atau kultur medan jalan yang tidak dipahami sebelumnya, karena akan berisiko membahayakan pengendara saat melintasi genangan air dengan jalan berlubang yang tidak terlihat. Perhatikan juga kecepatan berkendara saat hujan guna mencegah motor tergelincir di jalanan basah.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id