Mendengarkan Musik Lewat Interkom Bisa Membahayakan Pengendara

Mendengarkan Musik Lewat Interkom Bisa Membahayakan Pengendara
Kamis, 27 Mei 2021 10:15
Brian

Interkom kini menjadi sebuah tren yang banyak digunakan para pecinta sepeda motor. Alat yang satu ini cukup multifungsi, karena tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga dapat mendengarkan musik. Kira-kira bagaimana kacamata safety riding jika melihat interkom digunakan sebagai alat mendengar musik?

Jusri Pulubuhu selaku Founder & Lead Instructor Jakarta Defensive Driving Cunsultant mengatakan untuk mendengar musik harus dipahami standar keamannya. Menurutnya jika mendengar musik untuk menghilangkan kebosanan dalam perjalanan maka aman-aman saja. Beda halnya jika digunakan secara sengaja untuk mendengarkan lagu yang diinginkan.

   Baca Juga: Amankah Menggunakan Interkom Selama Berkendara atau Touring?

"Kita tahu musik itu bisa memberikan stimulus otak kita, kita bisa bugar, bisa semangat, bisa termotivasi. Tetapi perlu diperhatikan, ketika kita melakukan pekerjaan multitasking seperti berkendara, hati0hati. Sesuatu yang bisa menstimulus otak kita untuk over energy atau terlalu semangat ya bahaya," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider, Rabu (26/5).

Sena 20S

 

Menurut Jusri jika musik didengarkan secara sengaja, bisa saja menstimulus otak yang berakhir pada tindakan impulsif. Tindakan impulsif merupakan tindakan yang dilakukan tanpa memikirkan konsekuensi atau akibat jangka panjangnya. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya saat membawa kendaraan.

   Baca Juga: Ternyata Dua Komponen ini Perlu Diperhatikan Usai Motor Dipakai Jarak Jauh

"Jadi bagaimana penggunaan musik tadi, boleh, tapi hanya untuk menstimulus situasi monoton. Sehingga tidak melakukan tindakan impulsif. Karena bisa saja saking serunya dengar musik, lagi ada di kiri jalan main belok saja ke kanan. Eh ternyata di belakangnya ada truk misalnya, kan bahaya," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.