Awas! Ini Dampaknya Jika Minyak Rem Motor Tak Diganti

Awas! Ini Dampaknya Jika Minyak Rem Motor Tak Diganti
Senin, 31 Mei 2021 13:15
Thio Pahlevi

Pengereman merupakan peranti penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara, khususnya motor. Tak hanya mesin, sistem pengereman pun perlu mendapatkan perawatan rutin, salah satunya pada komponen minyak rem. Hal ini tentunya untuk menjaga komponen tersebut tetap bekerja dengan optimal.

Perawatan yang dapat dilakukan antara lain adalah mengganti minyak rem sesuai waktu rekomendasi pabrikan. Hal tersebut turut dijelaskan oleh Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan. Lantas, apa efeknya bila minyak rem tak diganti?

   Baca Juga: Inikah Jadinya Ketika Honda CBR250R Berganti Gaya Menjadi Motor Sport-Touring?

"Dampaknya jika minyak rem tidak diganti akan sangat pengaruh sama tekanan pada saat pengereman. Pastinya tidak maksimal dan juga pengereman kurang pakem," ujar Adih pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Tabung Minyak Rem

Adih menghimbau minyak rem diganti secara berkala ketika servis motor. Menurutnya, penggantian minyak rem dianjurkan dilakukan setiap periode pemakaian selama 20.000 km. Nah, apa saja indikasinya ketika minyak rem perlu diganti?

   Baca Juga: Hasil MotoGP Italia 2021: Quartararo Podium, Marquez Jatuh Lagi

Adih mengatakan terdapat beberapa indikasi minyak rem sudah memerlukan penggantian. Indikasi tersebut di antaranya adalah minyak rem kotor bahkan berkurang. Jika dibiarkan, tentunya akan berpengaruh pada performa sistem pengereman motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.