Bahaya Jelajah Lintasan Off-Road Pakai Motor Trail Sembari Berboncengan

Bahaya Jelajah Lintasan Off-Road Pakai Motor Trail Sembari Berboncengan

 

Sejumlah orang memiliki hobi untuk menunggangi motor di lintasan tanpa aspal alias off-road. Kegiatan yang satu ini kerap memacu adrenalin karena memiliki jalur yang sulit dan cenderung ekstrem. Namun terdapat beberapa pegiat yang menaklukan jalur off-road sembari berboncengan, bagaiamana faktor keamanannya?

Muhammad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) mengatakan berboncengan di jalur off-road sebenarnya tidak aman. Menurut Arief, kegiatan tersebut juga tidak dianjurkan. Mengingat membawa dua orang dalam satu motor membuat kendaraan menjadi sulit untuk dikendalikan.

   Baca Juga: Jelang Libur Tahun Baru, Berikut Tips Merawat Motor Agar Tetap Prima

"Kalau menurut pandangan saya sih, sebaiknya jangan boncengan. Kenapa? Menjaga keseimbangan di motor pas sendirian saja susah, apalagi berboncengan," ujar Arief kepada awak media beberapa waktu lalu di Sentul, Jawa Barat.

WR 155R Off-Road

Selain itu, Arief berpendapat berkendara di jalur off-road merupakan kegiatan berat dan penuh konsentrasi. Sehingga dengan adanya pembonceng dapat membuat pengendara kesulitan mengendalikan motornya serta kehilangan fokus saat di jalan off-road.

   Baca Juga: Tips Naik Motor Off-Road untuk Pengendara di Bawah 170 cm

"Paling parah lagi kalau pemboncengnya itu orangnya takutan, jadi potensi jatuhnya bakal lebih besar," pungkas Arief.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id