Jelang Libur Tahun Baru, Berikut Tips Merawat Motor Agar Tetap Prima

Jelang Libur Tahun Baru, Berikut Tips Merawat Motor Agar Tetap Prima
Kamis, 30 Desember 2021 11:00
Thio Pahlevi

Pergantian tahun 2021 ke 2022 hanya tinggal menghitung hari saja. Periode ini juga menjadi musim liburan bagi masyarakat. Namun demikian, di kondisi pandemi saat ini, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah dan menjauhi kerumunan.

Hal ini pun menyebabkan kendaraan, khususnya motor menjadi lebih jarang digunakan. Nah, agar kondisi motor tetap prima, Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta pun membagikan beberapa tipsnya.

   Baca Juga: Rossi Pensiun, Marquez: Saya Yakin Warna Kuning Akan Tetap Mendominasi

Pertama, apabila motor jarang dipakai usahakan setiap hari dinyalakan, setidaknya saat pagi hari dengan durasi antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai atau aki terisi dan oli mesin bersirkulasi.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

"Sebagian orang beranggapan kalau motor tidak dipakai maka kondisi akan selalu baik, namun tidak demikian. Justru jika motor tidak dipakai harus di-warm up setiap harinya agar tegangan arus listrik baterai atau accu dapat bersikulasi sehingga kondisi motor tetap prima. Jika tidak di-warm up setiap harinya, tegangan arus listrik baterai atau accu pada motor bisa menurun dan cenderung drop," ujar Hasan.

   Baca Juga: Catat! 8 Tips Merawat Fitur Keyless pada Motor Matic

Kemudian, usahakan menggunakan main stand atau standar tengah untuk menjaga keawetan ban dan bentuk ban agar tetap sempurna. Selain itu, guna menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

Ketiga, pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedometer tidak retak serta kusam. Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama bisa menjadi sarang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.