Tips Naik Motor Off-Road untuk Pengendara di Bawah 170 cm

Tips Naik Motor Off-Road untuk Pengendara di Bawah 170 cm

 

Motor off-road atau biasa disebut trail memiliki posisi duduk yang cukup tinggi. Contohnya seperti Yamaha WR 155R yang memiliki tinggi jok 888 mm atau setara 88,8 cm. Pada pengendara dengan tinggi badan 170 cm biasanya tidak memiliki masalah menaiki motor ini, bagaimana dengan yang di bawahnya?

Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan pengendara di bawah 170 cm tetap bisa menaiki motor trail. Namun terdapat beberapa tips dan trik yang harus dicermati agar aman berkendara. Salah satunya adalah dalam menapakkan kaki, bila tak bisa keduanya menapak dengan sempurna, satu kaki saja menurutnya tak masalah.

Arief Muthia Yamaha WR 155R

"Jangan terlalu fokus menurunkan dua kaki saat berhenti, apalagi di jalur terabasan. Satu kaki saja yang turun, dari segi kekuatan, satu kaki yang menapak lebih kuat dibanding dua kaki jinjit," ujar Arief di Sentul belum lama ini.

   Baca Juga: Catat! 8 Tips Merawat Fitur Keyless pada Motor Matic

Saat menaiki motornya, Arief menyarankan posisi gigi dalam kondisi percepatan pertama. Tidak disarankan dalam posisi netral, sehingga ketika kaki naik, kaki kanan tetap di atas motor. Tekan kopling saat menyalakan mesin, sisanya tinggal gas saja tanpa perlu mengatur tuas transmisi.

Yamaha XSR155 dan Wr 155R

"Kalau netral, nanti kaki kanan turun, kaki kiri masukkan gigi, sehingga kerja dua kali. Terus kalau di jalur, sebelum berhenti pastikan lihat posisi yang enak untuk berhenti, seperti ada gundukan di kiri atau kanan untuk pijakan kaki," pungkasnya.

   Baca Juga: Tips Merawat Fitur Pengisi Daya pada Motor, Lakukan 5 Hal Ini!

"Lalu untuk orang yang agak kurang tinggi, jaga jarak lebih jauh dengan pengendara di depannya. Kalau terlalu dekat dan di depan tiba-tiba berhenti, pengendara jadi tidak punya tumpuan," tutup Arief.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id