Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Standar Motor Perlu Dirawat

Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Standar Motor Perlu Dirawat

 

Standar tengah atau main stand merupakan komponen yang kerap digunakan untuk menopang motor. Biasanya komponen ini digunakan pada saat parkir atau motor dalam keadaan mati. Namun banyak yang tidak tahu bahwa komponen yang satu ini juga perlu untuk dirawat.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Adicipta Motora mengatakan standar tengah bisa terjadi kerusakan. Terutama ketika terdapat endapan kotoran dan cipratan air hujan. Sehingga jika tidak dirawat akan terjadi korosi yang dapat menyebabkan standar tengah macet atau rusak.

   Baca Juga: Berikut Tips Lewati Bahaya Jalan Licin di Musim Hujan

Menurut Ade standar tengah hendaknya tetap digunakan setiap harinya. Hal tersebut ditujukan agar menghilangkan potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa mainstand. Dengan demikian standar tengah dapat digunakan atau punya umur yang lebih lama.

Perawatan Standar Tengah Motor

 

"Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan main stand," ujar Ade dalam keterangan tertulis.

Ade juga menyarankan pemilik motor bisa melumasi standar tengah secara berkala. Kembali lagi hal ini dilakukan agar tidak terjadinya korosi di bagian komponen tersebut. Dirinya pun memberikan langkah yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan pelumasan dengan baik.

   Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Melintasi Jalanan Berlubang

"Pertama posisikan sepeda motor pada side stand switch, kemudian lumasi shaft pada main stand lewat sebelah kanan. Pelumas bias menggunakan cairan penetran atau chainlube yang memiliki kadar pelumasan terbaik. Lakukan setiap satu bulan atau sehabis di cuci atua setelah terkena hujan dan banjir," pungkas Ade.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id