Berikut Tips Lewati Bahaya Jalan Licin di Musim Hujan

Berikut Tips Lewati Bahaya Jalan Licin di Musim Hujan

 

Berkendara sepeda motor di musim hujan tentunya perlu kehati-hatian khusus. Pasalnya tidak jarang pengendara motor menemui jalan yang licin dan membahayakan keselamatan. Biasanya jalan yang licin ini kerap ditemukan ketika ruas jalan baru terkena siraman hujan.

Tamy Pratama selaku Instruktur Safety Riding Daya Adicipta Motora (DAM) menyebutkan hujan yang baru membasahi jalan membuat jalanan lebih licin. Pasalnya ketika hujan turun, pasir dan minyak yang mengendap di aspal baru keluar. Namun ketika hujan sudah berlangsung cukup lama, pasir dan minyak tersebut sudah beralih ke pinggir jalan.

   Baca Juga: Postur Berkendara yang Tepat Saat Menunggangi Sepeda Motor

"Untuk mengatasinya alangkah baiknya mengurangi kecepatan dengan menggunakan pengereman secara halus. Tidak disarankan menggunakan rem terlalu kencang atau hard braking," ujar Tamy dalam pertemuan secara virtual beberapa waktu lalu.

Trik Musim Hujan

 

Menurutnya selain melakukan pengereman secara lebih halus, pembukaan gas juga harus lebih halus lagi. Mengingat jalan yang licin, dapat memungkinkan ban selip ketika membuka gas terlalu besar. Sehingga dengan demikian dapat meminimalisir motor agar tidak tergelincir.

   Baca Juga: Ratusan Modifikator Unjuk Gigi di Adi Pro Modif Contest

"jangan lupa juga menggunakan jas hujan yang setelan dan bukan yang ponco. Karena kalau menggunakan jas hujan jenis ponco bisa masuk ke roda belakang dan membuat pengendara tertarik. Banyak sekali kejadian seperti itu," pungkas Tamy.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id