Berikut Sejumlah Tips Agar Baterai Motor Listrik Tidak Cepat Rusak

Berikut Sejumlah Tips Agar Baterai Motor Listrik Tidak Cepat Rusak

Baterai merupakan komponen paling penting dalam menggunakan motor listrik. Tanpa adanya baterai, maka motor tidak dapat digunakan dan tidak memiliki daya. Oleh karenanya komponen yang satu ini harus dirawat sedemikian rupa agar tidak cepat rusak.

Terdapat beberapa cara untuk merawat baterai motor listrik yang disebutkan dalam buku panduan United T1800. Pertama adalah lakukan pengecasan dengan charger standar ke sumber energi listrik untuk mengisi daya baterai. Setelah pengisian selesai, charger harus dilepaskan dari sumber energi untuk menjaga keawetan baterai.

   Baca Juga: Spirit of Passion, BMW R 18 Berbalut Fairing Tak Biasa

Kedua jika motor listrik tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama hingga 30 hari atau lebih, sebaiknya tetap melakukan pengecasan kembali. Hal ini dilakukan untuk mengisi daya, pengencasan dapat dilakukan hanya dalam beberapa jam saja. Setidaknya lakukan satu bulan sekali jika motor listrik jarang digunakan, demi menjaga performa baterai.

Motor listrik UNITED E-Motor T1800

 

Ketiga jangan biarkan baterai dalam kondisi kehabisan daya secara total. Pihak United menyebutkan pengguna motor listrik sering lalai dalam pengecasan. Sehingga disarankan untuk melakukan pengisian setelah melakukan perjalanan, agar siap untuk perjalanan berikutnya.

   Baca Juga: Jangan Gunakan Gas Untuk Menahan Motor Listrik di Tanjakan

Terakhir bila motor tidak digunakan dalam 3 hari kedepan, maka sebaiknya sakelar utama (MCB) dimatikan. Saklar ini berada di dekat bagasi tepatnya dibawah jok penumpang.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id