Cara Berbelok yang Benar Ketika Gunakan Motor Trail

Cara Berbelok yang Benar Ketika Gunakan Motor Trail

Dalam berkendara menggunakan sepeda motor, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan ketika berbelok. Setidaknya terdapat tiga teknik yakni dari lean in, lean with, dan lean out. Kira-kira teknik mana yang paling cocok digunakan oleh motor trail?

Arief Muthia selaku Instruktur Safety Riding Yamaha Riding Academy menyebutkan motor off-road berbeda dengan motor on-road. Sehingga teknik yang digunakan cukup berbeda dibangingkan motor pada umumnya. Arief menjelaskan untuk motor trail lebih mudah menggunakan teknik lean out.

   Baca Juga: Posisi Berkendara Off-Road Bisa Dipraktekan di Motor Harian

"Motor off-road akan susah dikendalikan jika pakai teknik belok motor on road (lean in). Ketika ingin menikung, posisi duduk agak majuan ini akan mempermudah untuk lean out," ujar Arief ketika ditemui di Bogor beberapa waktu lalu.

Yamaha WR 155R

 

Arief pun menjelaskannya dengan lebih sederhana mengenai penggunaan teknik lean out. Mudahnya adalah ketika motor hendak berbelok ke kiri, maka badan membuang ke kanan. Begitupun sebaliknya, ketika motor belok ke kanan, badan harus di posisi kiri.

   Baca Juga: 4 Builder Kebanggaan Bali Bersiap Modifikasi Yamaha XSR 155

"Teknik ini tidak hanya bisa digunakan motor trail di jalanan off-road saja. Di jalanan on-road pun tetap bisa digunakan bahkan dalam berkendara sehari-hari," pungkas Arief.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id