Cek Komponen Berikut Pada Motor Setelah Lewati Banjir

Cek Komponen Berikut Pada Motor Setelah Lewati Banjir
Sabtu, 9 Oktober 2021 12:00
Brian

Musim hujan menjadi kondisi yang harus diperhatikan oleh semua pengendara sepeda motor. Terutama jika terjadi banjir atau melintasi jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi. Beberapa komponen pada sepeda motor pun turut dicek agar terhindar dari kerusakan.

"Menghadapi kondisi hujan, bagi pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati di jalan. Tidak hanya itu, perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas," ujar Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

   Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Pada Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Menurut Muslian, jika terpaksa harus melewati genangan yang cukup tinggi, pastikan mesin dalam keadaan mati. Namun jika terlanjur melewati genangan air hingga mengakibatkan motor mogok, maka periksa sistem pengapian. Pemilik motor bisa mengecek busi, kepala busi, dan kap busi.

Servis Gratis Posko Banjir Yamaha

Jika terkena air, disarankan untuk melepas kepala busi untuk dibersihkan dan dikeringkan sebelum dipasang kembali. Jika pemilik motor tidak paham cara melepas kepala busi, disarankan menggunakan tenaga ahli.

   Baca Juga: Cara Aman Berkendara Motor di Jalanan Licin Saat Musim Hujan

Kemudian selain busi, air juga bisa masuk lewat lubang di knalpot. Jika hal ini terjadi, tentunya dapat membuat motor berhenti berfungsi atau mogok. Apabila motor kemasukan air dari knalpot, disarankan untuk tidak langsung menghidupkan motor. Menurut Muslian hal ini tidak dapat ditangani sendiri sehingga harus dibawa ke bengkel terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.