Perhatikan Hal Berikut Pada Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Perhatikan Hal Berikut Pada Sepeda Motor Saat Musim Hujan
Kamis, 7 Oktober 2021 12:00
Brian

Di musim hujan, pengendara sepeda motor dituntut untuk lebih siap daripada saat musim kering. Mengingat musim hujan membuat kondisi jalanan sedikit berbeda dari biasanya. Selain menyiapkan perangkat jas hujan, salah satu hal yang harus disiapkan adalah sepeda motor.

"Menghadapi kondisi hujan, bagi pengendara sepda motor harus lebih berhati-hati di jalan. Tidak hanya itu, perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas," ujar Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Teknologi PGM-FI di Motor Honda, Yakin Sudah Tahu?

Muslian mengatakan tips pertama adalah menjaga kebersihan motor setelah terkena hujan. Jika motor dibersihkan setelah hujan bukan hanya kondisinya yang semakin kinclong, tetapi juga membersihkan. Terutama dari hinggapnya pasir atau kotoran yang dapat merusak komponen pada motor.

Ilustrasi Musim Hujan

Kemudian pemilik motor disarankan mengecek rantai setelah terkena air hujan. Pasalnya air hujan membuat rantai cepat kering dan mudah berkarat. Penting untuk melumasi rantai dengan pelumas khusus agar rantai tidak kering. Kondisi ban juga perlu dicek untuk memastikan ban tidak gundul dan tekanan angin cukup agar terhindar dari terpeleset.

   Baca Juga: Mengetahui Plus Minus Sistem Kelistrikan AC dan DC pada Motor

Kampas rem juga harus dicek kembali usai berkendara melewati cuaca hujan, terutama dalam intensitas yang cukup lama. Biasanya kondisi ini membuat kampas rem berdecit yang mengurangi kenyamanan berkendara. Untuk mengatasinya, kampas rem bisa dilepaskan untuk dikeringkan dan dibersihkan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.