Ciri-Ciri Rantai Motor Sudah Tidak Layak Digunakan

Ciri-Ciri Rantai Motor Sudah Tidak Layak Digunakan
Kamis, 14 Oktober 2021 11:00
Brian

Rantai merupakan komponen memiliki peran yang penting pada sebuah motor bebek dan sport. Peran rantai sendiri adalah sebagai penggerak kendaraan yang mengantar tenaga dari mesin ke roda belakang. Oleh karenanya rantai harus tetap dijaga dan jangan sampai rusak.

Riyadi Prihantono selaku Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan karena rantai memiliki fungsi penting maka harus dirawat. Sehingga komponen penggerak ini dapat bekerja dengan baik. Riyadi pun memberikan beberapa ciri-ciri rantai yang sudah rusak atau tidak layak digunakan.

   Baca Juga: Tips Ketahui Fitur TCS Yamaha NMax 155 Berfungsi Baik, Pakai Cara Ini!

"Rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek, yang berfungsi sebagai penerus tenaga ke roda belakang, karenanya perlu mendapatkan perawatan rutin. Kondisi rantai yang aus akan mempengaruhi kinerja rantai," ujar Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Chainlube melumas rantai motor

Riyadi mengatakan rantai yang sudah tidak layak digunakan atau sudah rusak akan mengeluarkan suara yang berisik. Kemudian ciri-ciri lainnya adalah setelan rantai juga mudah kendur. Selain itu bisa dilihat dari permukaan rantainya yang aus, terasa dari tarikan motor yang berat, dan tenaga motor yang tidak maksimal.

   Baca Juga: Bikin Yamaha R15 Livery World Grand Prix 60th Anniversary Cuma Rp 3 Jutaan!

Oleh karenanya Riyadi menyarankan pemilik sepeda motor kerap memeriksa sejumlah hal pada komponen rantai. Di antaranya adalah kekencangan, kelancaran, kondisi rantai, dan kondisi gear rantai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.