Ciri-Ciri Rantai Motor Sudah Tidak Layak Digunakan

Ciri-Ciri Rantai Motor Sudah Tidak Layak Digunakan

 

Rantai merupakan komponen memiliki peran yang penting pada sebuah motor bebek dan sport. Peran rantai sendiri adalah sebagai penggerak kendaraan yang mengantar tenaga dari mesin ke roda belakang. Oleh karenanya rantai harus tetap dijaga dan jangan sampai rusak.

Riyadi Prihantono selaku Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan karena rantai memiliki fungsi penting maka harus dirawat. Sehingga komponen penggerak ini dapat bekerja dengan baik. Riyadi pun memberikan beberapa ciri-ciri rantai yang sudah rusak atau tidak layak digunakan.

   Baca Juga: Tips Ketahui Fitur TCS Yamaha NMax 155 Berfungsi Baik, Pakai Cara Ini!

"Rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek, yang berfungsi sebagai penerus tenaga ke roda belakang, karenanya perlu mendapatkan perawatan rutin. Kondisi rantai yang aus akan mempengaruhi kinerja rantai," ujar Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Chainlube melumas rantai motor

Riyadi mengatakan rantai yang sudah tidak layak digunakan atau sudah rusak akan mengeluarkan suara yang berisik. Kemudian ciri-ciri lainnya adalah setelan rantai juga mudah kendur. Selain itu bisa dilihat dari permukaan rantainya yang aus, terasa dari tarikan motor yang berat, dan tenaga motor yang tidak maksimal.

   Baca Juga: Bikin Yamaha R15 Livery World Grand Prix 60th Anniversary Cuma Rp 3 Jutaan!

Oleh karenanya Riyadi menyarankan pemilik sepeda motor kerap memeriksa sejumlah hal pada komponen rantai. Di antaranya adalah kekencangan, kelancaran, kondisi rantai, dan kondisi gear rantai.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id