Cukup Dirumah, Berikut Cara Mengecek Kampas Rem Mulai Tipis

Cukup Dirumah, Berikut Cara Mengecek Kampas Rem Mulai Tipis

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat mobilitas sepeda motor menjadi berkurang. Dengan lebih banyak waktu di rumah, beberapa perawatan dan pengecekan sepeda motor dapat dilakukan sendiri. Salah satunya adalah mengetahui kondisi pengereman serta kampas rem yang sudah tipis.

Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan pemilik sepeda motor dapat melakukan pengecekan ringan. Beberapa komponen sepeda motor dapat dicek dengan mudah tanpa bantuan mekanik. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui kendaraan tetap dalam kondisi yang prima meskipun tidak digunakan dalam waktu lama.

rem cakram

Ade mengatakan, pada sistem pengereman terdapat 2 model yang sering digunakan pabrikan saat ini yatu rem hidrolik dan rem tromol. Untuk memeriksa sistem pengereman hidrolik, dapat melihat dari ketinggian minyak rem. Jika ketinggian minyak rem berkurang, bisa disebabkan dari kampas rem yang sudah mulai tipis.

   Baca Juga: Yoshimura Jepang Luncurkan Knalpot Baru Kawasaki Ninja ZX-25R

"Apabila hal ini terjadi, lanjutkan dengan melakukan pemeriksaan ketebalan kampas rem melalui indikator kausan kampas rem yang ditunjukkan dengan garis pada sisi kampasnya," pungkas Ade dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

kampas rem

Kemudian pada sistem pengereman tromol, dapat dilakukan pemeriksaan jarak main bebas pada handle rem. Perlu diketahui, jarak main bebas pada handle rem tromol adalah 10-20 mm. Jika jarak main bebas menyimpang, dapat dilakukan penyetelan dengan memutarkan mur penyetel pada ujung kabel rem.

   Baca Juga: Rekomendasi Waktu Ideal Servis CVT Motor Matic, Sebaiknya Tiap Kapan?

"Terakhir, pastikan periksa juga ketebalan kampas remnya dengan melihat indikator keusan pada bagian lengan ayun erm tromol pada saat dilakukan pengereman," lanjut Ade.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id