Fitur Eco Indicator Ternyata Bisa Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Merawatnya

Fitur Eco Indicator Ternyata Bisa Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Merawatnya

Skutik keluaran terbaru umumnya sudah dibekali dengan beragam fitur modern, salah satunya Eco Indicator. Biasanya fitur ini ditunjukkan dengan adanya indikator di panel instrumen bertuliskan ECO berwarna hijau. Namun ternyata, fitur eco indicator juga bisa mengalami kerusakan. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara merawatnya?

Secara fungsi, fitur ini berguna sebagai indikator keiritan bahan bakar ketika berkendara. Saat motor berjalan, lampu indikator akan menyala sebagai tanda bahwa Anda memiliki gaya berkendara yang irit. Semakin terang lampu indikator, artinya penggunaan bahan bakar semakin irit.

   Baca Juga: Usai Rossi, Giliran Fabio Quartararo Muncul Perdana Berbalut Atribut Monster Yamaha

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasan terkait fitur eco indicator. Menurutnya, fitur tersebut bisa rusak karena beberapa hal.

eco indicator

"Bisa rusak. Penyebabnya bisa dari sensor speed yang juga rusak atau Engine Control Module (ECM) yang rusak," ucap Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Motor Terparkir Lama, Tangki Bensin Sebaiknya Penuh atau Justru Kosong?

Nah, kira-kira bagaimana cara merawat fitur eco indicator agar tak mudah rusak? Ribut mengatakan cara berkendara yang baik juga menentukan usia pakai fitur tersebut, salah satunya ketika mengatur bukaan gas.

"Pertama, pastikan kondisi aki selalu prima. Selanjutnya, atur bukaan gas dengan cara yang konstan atau stabil, tidak memainkan secara spontan," kata Ribut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id