Hal-Hal yang Perlu Diketahui Soal Minyak Rem Motor, Yakin Sudah Paham?

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Soal Minyak Rem Motor, Yakin Sudah Paham?
Selasa, 1 Juni 2021 13:00
Thio Pahlevi

Peranti pengereman menjadi salah satu komponen motor yang perlu mendapatkan perawatan secara berkala. Sistem pengereman sendiri terdiri dari beberapa part, di antaranya adalah minyak rem. Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diketahui terkait minyak rem motor?

OtoRider pun bakal memberikan beberapa hal seputar minyak rem mulai dari cara merawat, waktu penggantian, dan dampak yang ditimbulkan pada motor. Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan memberikan penjelasannya secara lengkap.

   Baca Juga: Masih Stabil, Berikut Pantauan Harga Honda Supra X 125 Bekas

Adih mengatakan minyak rem merupakan salah satu komponen yang perlu diganti secara berkala. "Minyak rem perlu pergantian atau pengurasan sesuai masanya, sesuai waktu yang direkomendasikan oleh pabrikan. Pergantian minyak rem bisa dilakukan per 20.000 km," ujar Adih pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Motorex MInyak Rem DOT 4

 

Lalu, apa efeknya bila minyak rem tak diganti? Adih mengungkapkan minyak rem yang tak diganti bakal berpengaruh pada tekanan saat proses pengereman. Sehingga, pengereman menjadi kurang maksimal.

   Baca Juga: Klasmen MotoGP 2021 Usai Seri Mugello, Italia: Quartararo Perlebar Jarak

"Dampaknya jika minyak rem tidak diganti akan sangat pengaruh sama tekanan pada saat pengereman. Pastinya tidak maksimal dan juga pengereman kurang pakem," jelas Adih.

Selain itu, Adih menjelaskan terdapat beberapa indikasi minyak rem sudah memerlukan penggantian. Indikasi tersebut di antaranya adalah minyak rem kotor bahkan berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.