Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Pakai Motor, Sudah Tahu?

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Pakai Motor, Sudah Tahu?
Sabtu, 10 April 2021 11:00
Thio Pahlevi

Libur akhir pekan bisa menjadi momen untuk berkendara bersama motor kesayangan. Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengguna motor adalah touring jarak dekat maupun jauh. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri maupun bersama teman, namun harus tetap mengedepankan unsur safety riding.

Agar perjalanan touring tetap aman dan nyaman, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum berkendara. Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Tak Kunjung Kompetitif, Valentino Rossi Disarankan Pensiun

"Saat melakukan touring pengendara dan penumpang wajib penggunakan perlengkapan berkendara, di antaranya jaket yang sesuai untuk berkendara, helm standar SNI, sarung tangan, dan masker, serta mempersiapkan jas hujan dan pakaian pengganti sesuai kebutuhan," ujar Ludhy.

Ludhy menambahkan, touring merupakan aktivitas yang sangat melelahkan, maka sebelum touring sebaiknya jaga kondisi dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan yang sehat. Lantas, hal-hal apa saja yang wajib disiapkan pengendara ketika melakukan touring?

Ilustrasi Touring Berkenlompok

Surat-Surat Kendaraaan

Hal penting pertama adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta Kartu Tanda Penduduk (KTP). Surat-surat ini wajib dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Kendaraan

Gunakan motor yang nyaman dikendarai saat perjalanan jarak jauh. Apapun jenis kendaraan yang dipakai harus dalam keadaan prima. Pastikan beberapa bagian motor dalam kondisi baik, seperti mesin, kampas rem, oli mesin, ban, dan lampu-lampu. Diwajibkan juga membawa toolkit agar aman selama di perjalanan.

   Baca Juga: Ketahui Arti Kode Khusus di Speedometer Yamaha Aerox

"Apabila saat touring sepeda motor mengalami masalah, pengemudi bisa mengunjungi bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk dicek, sehingga berkendara tetap dalam kondisi yang aman dan nyaman," jelas Ludhy.

Safety riding honda

Cek Kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, cek kondisi kesehatan pengemudi dan penumpang. Jaga kesehatan sebelum touring dengan beristirahat yang cukup juga menjaga pola makan supaya tidak masuk angin selama perjalanan.

Di perjalanan, pengendara tetap harus memerhatikan kondisi tubuh. "Sebaiknya istirahat minimal 2 jam sekali dan makan secara teratur agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit," ucapnya.

   Baca Juga: Cargloss Bikin Helm Standar Dealer, Bagaimana Kualitasnya?

Tentukan Tempat Pemberhentian Istirahat

Hal yang sering terlupakan oleh pengendara adalah tidak merencanakan tempat berhenti untuk beristirahat, sehingga sering memaksakan sampai ke tempat tujuan. Disarankan dua jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus dan menghindari potensi bahaya ketika merasa lelah.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Jangan lupa untuk seluruh pengguna motor yang akan melakukan touring jarak jauh maupun dekat, tetap selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dimanapun Anda berada. Agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman hingga selamat sampai di tujuan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.