Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pengecekan Kondisi Ban dan Rantai Motor

Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pengecekan Kondisi Ban dan Rantai Motor

 

Ban dan rantai menjadi beberapa komponen penting pada motor yang perlu diperhatikan serta dirawat. Hal ini diperlukan guna memperpanjang usia pakai serta menjaga performa motor tetap optimal. Apalagi motor usai digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dua komponen tersebut dihimbau perlu mendapatkan pengecekan.

"Bagi pengguna sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya. Untuk itu, kami memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya kondisi motor terjaga baik dan dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas. Semoga dapat bermanfaat agar selalu enjoy berkendara," ujar Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers.

   Baca Juga: Intip Perkembangan Pembangunan Sirkuit Mandalika, Banyak Tikungan Menantang

Pada komponen ban, Wahidin menghimbau pengendara untuk mengecek pola kembangan atau pattern serta tekanan udara ban. Jika pola kembang ban habis karena terpakai atau sudah tipis, ditambah tekanan udara yg tidak standar dapat membahayakan pengendara.

Yamaha XSR 155 Sport Heritage

"Jadi kita harus cek kondisi ban setiap 12.000 Km atau 1 tahun pemakaian, jika kurang bagus dapat segera diganti dan tentunya dengan tekanan udara yang sesuai spesifikasi ban tersebut," kata Wahidin.

   Baca Juga: GALERI: Skutik Kekar Yamaha Zuma 125 2022

Komponen selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah gear sprocket dan rantai. Khusus tipe motor manual cek kondisi gear dan rantai, apakah kendur atau terlalu kencang. Karena rantai yang terlalu kendur atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan. Sementara untuk tipe matic dapat cek di bagian CVT serta V Belt. Sedangkan masa pemakaiannya yaitu 25.000 km, jika sudah masuk di waktu tersebut Wahidin menganjurkan untuk segera diganti.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id