Jadi Salah Satu Komponen Penting, Berikut Fungsi Busi pada Motor

Jadi Salah Satu Komponen Penting, Berikut Fungsi Busi pada Motor
Minggu, 21 November 2021 06:00
Thio Pahlevi

Busi merupakan salah satu komponen penting pada mesin motor. Komponen tersebut memiliki fungsi untuk membakar campuran udara atau bahan bakar serta membantu melepas panas dari ruang pembakaran. Dalam memilih busi guna menjaga performa motor tetap optimal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya seperti ukuran, angka panas, dan penampilan fisik.

   Baca Juga: WR 155R Punya Livery Baru, Intip Perbedaan Spek Mesin dengan CRF150L

Muslian selaku Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers pun memberikan penjelasan terkait fungsi serta perawatan busi. Menurutnya, busi memerlukan pengecekan dan penggantian secara berkala agar performa motor tetap terjaga.

Busi NGK MotoDX 2021

"Busi berperan dalam memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, karena itu juga perlu diperhatikan perawatannya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu mendukung performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar," jelas Muslian dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Royal Enfield Gelar Tour of Indonesia 2021, Lintasi Jawa-Bali

Muslian menambahkan jika kepala busi berwarna hitam, hitam pekat atau putih, maka kemungkinan terdapat komponen yang sudah mengalami keausan di bagian mesin di dalam ruang bakar. Warna ideal disebutkan sedikit lebih coklat pada bagian kepala busi.

Lalu, kapan sebaiknya busi perlu diperiksa? "Pada penggunaan setiap 2.000 km-3.000 km harus dicek dan dibersihkan, cek karbon dan kerak, lalu dibersihkan insolatornya," jelas Muslian.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.