Jangan Sampai Rusak, Berikut Cara Rawat Motor Injeksi

Jangan Sampai Rusak, Berikut Cara Rawat Motor Injeksi

 

Teknologi injeksi pada sistem bahan bakar sepeda motor sudah banyak digunakan saat ini. Teknologi yang satu ini memiliki sistem yang lebih baik dibandingkan karburator. Meski demikian, pemilik kendaraan tetap perlu memperhatikan agar komponen injeksi dapat terawat dengan baik.

"Sepeda motor sebagai salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat, tentunya membutuhkan perawatan terbaik. Dengan teknologi injeksi yang digunakan pada sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus," ujar Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers dalam keterangan tertulis.

Motor injeksi membutuhkan perawatan setiap 10.000 km dan kelipatannya. Perawatan berupa pembersihan injektor agar terbebas dari kotoran yang dapat mengganggu performa. Pembersihan injektor biasa dilakukan bengkel-bengkel resmi menggunakan pembersih injektor.

Mesin Satria Injeksi

Pengurasan tangki juga menjadi salah satu cara untuk merawat sistem injeksi pada sepeda motor. Dikhawatirkan di dalam tangki terdapat kandungan air, debu, atau kotoran yang dapat membahayakan mesin. Selain itu pengecekan filter dan pompa bahan bakar juga perlu diperhatikan agar terbebas dari partikel yang menyebabkan performa turun.

   Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Cara Aman Bawa Barang di Sepeda Motor

Setelahnya, pengecekan tekanan bahan bakar juga diperlukan, agar bensin dapat mengalir dengan normal. Terakhir pastikan saringan udara bersih dan tidak terjadi penyumbatan. Komponen yang satu ini menjadi yang paling mudah diperiksa dan dibersihkan.

Modifikasi Throttle Bodi Down Draft

Di sisi lain, menurut Joddy Ario selaku pemilik bengkel JDM Project mengatakan jika pengguna malas merawat motornya, maka sistem injeksi bisa rusak. Sebaliknya jika pemilik rajin, tentunya komponen sistem injeksi akan memiliki umur yang lebih panjang. Salah satu indikator sistem injeksi rusak adalah pemilik motor yang malas servis dan ganti oli.

   Baca Juga: Tips Rawat Motor Sport Fairing, Sudah Lakukan 2 Hal Ini?

"Kalau sudah rusaknya parah, pasti harus ganti throttle body. Pertanyaan ini agak sulit, karena banyak orang yang malas servis dan ganti oli motornya," pungkas Joddy.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id