Tips Rawat Motor Sport Fairing, Sudah Lakukan 2 Hal Ini?

Tips Rawat Motor Sport Fairing, Sudah Lakukan 2 Hal Ini?

 

Ragam pilihan model motor saat ini banyak dihadirkan oleh pabrikan roda dua di Indonesia. Salah satunya adalah segmen motor sport fairing. Agar performanya tetap optimal, perawatan secara berkala menjadi hal yang wajib dilakukan. Nah, apa saja tips merawat motor sport fairing?

Riyadi Prihantono selaku Manager After Sales Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun membagikan beberapa tips perawatannya. Ia mengatakan terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan guna menjaga performa motor sport fairing, di antaranya adalah kondisi ban serta tegangan aki.

   Baca Juga: Cara Ikutan OtoRider MAXICamp dan Dapatkan Hadiah Menarik!

"Pecinta motor sport fairing perlu memperhatikan sejumlah hal penting dalam merawat motornya. Diperlukan pengecekan komponen-komponen secara menyeluruh agar penggunaannya optimal, termasuk pada bagian fairing itu sendiri. Untuk itu kami menyediakan langkah-langkah perawatan motor sport fairing yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Tekanan angin ban motor/ nitrogen

Riyadi menghimbau untuk selalu mengecek kondisi tekanan udara dan alur ban agar berkendara lebih nyaman serta performa tetap maksimal. Menurutnya, tekanan udara normal pada ban sekitar 200 kPa atau 29 psi di roda depan serta 225 kPa atau 33 psi di roda belakang.

Selain itu, disarankan untuk selalu mengecek kondisi baterai atau aki. Cara yang paling mudah dengan cek fungsi starting dan klakson. Jika masih berfungsi, artinya aki dalam kondisi baik.

All New Yamaha R15 Modifikasi Balap

Jika Anda memiliki multitester, battery atau accu dengan kondisi yang baik memiliki tegangan >12,4 volt. Akan tetapi, apabila hasil ukur di bawah angka tersebut, lakukan pengisian ulang di bengkel resmi Yamaha.

   Baca Juga: Jelang MotoGP Inggris 2021, Berikut 4 Nama Pembalap Tim Yamaha

Terakhir yang tak kalah penting, bagian fairing sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tampilannya tetap kinclong. Apalagi jika motor baru saja digunakan saat musim hujan. Jika tidak tepat membersihkannya, maka dapat merusak fairing. Gunakan kain lembut yang bersih atau spons dengan air untuk membersihkan bahan plastik. Bisa juga menggunakan deterjen ringan yang diencerkan dengan air, lalu dibilas. 

Untuk model berwarna matte, jangan membersihkannya dengan sikat, produk kimia keras, atau senyawa pembersih karena dapat menggores atau merusak permukaannya. Tak hanya itu, bahan wax juga disarankan untuk tidak digunakan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id