Kenali Indikasi Baterai Motor Listrik Alami Kerusakan, Apa Tandanya?

Kenali Indikasi Baterai Motor Listrik Alami Kerusakan, Apa Tandanya?

Baterai menjadi salah satu komponen penting yang dimiliki oleh motor listrik. Kondisi baterai yang prima tentunya akan membuat performa kendaraan tetap optimal. Namun, ternyata baterai bisa mengalami kerusakan jika tak mendapat perawatan yang baik.

Lantas, apa saja indikasi ketika baterai motor listrik mengalami kerusakan? Ady Siswanto selaku pemilik bengkel modifikasi PetrikBike yang mengerjakan konversi motor listrik pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Benelli Indonesia Pasarkan Imperiale 400, Harga Cuma Rp 80 Jutaan

"Umur baterai itu biasanya sekitar 3 sampai 4 tahun. Ada tandanya kalau baterai rusak. Indikasi baterai rusak itu yang pertama kalau di-charge cepat penuh. Kedua, kalau dipakai cepat habis, bocor. Kaya handphone gitu," jelas Ady pada OtoRider di bengkelnya yang terletak di kawasan Bekasi beberapa waktu lalu.

Baterai Lithium United T1800

Ady menambahkan, agar baterai tetap awet dan memiliki usia pakai yang panjang, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kondisi baterai yang tak lagi optimal juga berdampak pada menurunnya kemampuan motor listrik. Selain itu, harga baterai terbilang cukup mahal apabila mengalami kerusakan.

   Baca Juga: Siap-Siap! Vespa Akan Rilis Dua Produk Edisi Spesial Ini ke Indonesia?

"Pertama, baterainya enggak boleh overcharged. Kedua, baterainya jangan sampai lama enggak di-charge. Ketiga, mendingan setelah pakai di-charge daripada dipakai sampai habis baru di-charge. Tiga hal itu yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan listrik," ujar Ady.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id