Ketahui Posisi Berkendara Motor Off-Road Antijatuh

Ketahui Posisi Berkendara Motor Off-Road Antijatuh
Jumat, 15 Oktober 2021 10:00
Brian

Berkendara off-road tentunya memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan di jalan raya. Beberapa riding gear harus lengkap agar dapat melindungi pengendara dari cedera serius. Selain riding gear, posisi berkendara juga harus diperhatikan agar tidak mudah jatuh.

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan sejumlah tips berkendara off-road antijatuh. Menurut Lucky sapaan akrabnya, keseimbangan menjadi faktor terpenting saat berkendara di jalan bertanah. Keseimbangan sendiri dapat terjaga dengan memperbaiki posisi berkendara atau riding posture.

   Baca Juga: Tips Ketahui Fitur TCS Yamaha NMax 155 Berfungsi Baik, Pakai Cara Ini!

"Terutama ketika kita menikung, menikung ke kiri badan kita malah cenderungnya ke kanan untuk mengimbangi. Jadi posturnya itu kita menjaga supaya posisi kita bisa tetap tegak, kalau nikung ke kiri berarti kaki kanan menekan footstep. Itu supaya menekan roda belakang agar lebih nge-grip," ujar Lucky kepada awak media beberapa waktu lalu.

Posisi Berkendara Off-Road

Lucky juga menyebutkan posisi tangan lebih terbuka kesamping agar dapat mengendalika sepeda motor dan menjaga keseimbangan. Karena berkendara di jalur yang tidak rata, maka setang kemudi membutuhkan tenaga yang sedikit lebih besar. Hal inilah yang membuat posisi tangan sedikit berbeda dibandingkan berkendara di jalanan beraspal.

   Baca Juga: Repaint Yamaha R15 Livery World Grand Prix 60th Anniversary Cuma Rp 3 Jutaan!

"Lalu untuk blancing, ketika tanjakan diusahakan tidak duduk. Karena kalau duduk itu ebratnya jadi ke belakang. Kalau tanjakan titik beratnya di belakang cenderug membuat roda depan terangkat dan terjatuh. Jadi harus mengimbangi badannya ke depan ketika menanjak, demikian juga sebaliknya ketika turun posisi badan ke belakang," pungkas Lucky.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.