Lampu Indikator MIL pada Motor Berkedip Kurang dari 10 Kali, Apa Artinya?

Lampu Indikator MIL pada Motor Berkedip Kurang dari 10 Kali, Apa Artinya?
Kamis, 1 Juli 2021 11:00
Thio Pahlevi

Motor bermesin injeksi umumnya dibekali beragam indikator dan sensor untuk mendeteksi adanya masalah. Pada motor Honda dengan sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI) misalnya, turut dilengkapi Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang terdapat di speedometer. Indikator ini berfungsi memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja dari sistem PGM-FI.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu indikator MIL akan menyala atau berkedip. Fitur ini bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM).

   Baca Juga: Bocoran Konsep Modifikasi Yamaha XSR 155 Karya AMS Garage Bali

Pada dasarnya jika dalam kondisi 'Normal', saat kunci kontak diputar ke posisi 'ON', maka lampu MIL akan menyala sekitar 2 detik dan kemudian mati kembali. Namun sebaliknya, jika ECM menemukan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu MIL akan terus menyala atau berkedip selama kerusakan yang terjadi di dalam sistem PGM-FI belum diperbaiki.

All New Honda BeAT Series 2020

Lampu MIL sendiri mempunyai dua macam kedipan, yaitu kedipan panjang dan pendek. Kedipan panjang berlangsung selama 1,3 detik. Satu kedipan panjang ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek. Sementara untuk kedipan pendek akan berlangsung selama 0,3 detik. Satu kedipan pendek ekuivalen dengan satu kedipan.

Ade menjelaskan, apabila lampu MIL menunjukkan kedipan dengan pola satu kedipan panjang diikuti satu kedipan pendek, maka dibaca 11 kali kedipan. Artinya, satu kedipan panjang sama dengan 10 kedipan, ditambah satu kedipan pendek. Lalu, kerusakan apa yang bisa dideteksi ketika kedipan kurang dari 10 kali?

All New Honda PCX e:HEV 2021

   Baca Juga: Tampil Fantastis Di MotoGP Belanda, Sasis Baru Marc Marquez Bekerja Optimal?

Untuk satu kali kedipan, hal tersebut menandakan adanya masalah pada sensor MAP (Manifold Absolute Pressure). Sementara itu, 7 kali kedipan diperlukan pemeriksaan di sensor EOT (Engine Oil Temperature) atau ECT (Engine Coolant Temperature) dan 8 kedipan mengindikasi kerusakan di sensor TP (Throttle Position). Terakhir, 9 kedipan menginformasikan perlunya pengecekan di sensor IAT (Intake Air Temperature).

"Jika menemukan salah satu dari kode tersebut pada sepeda motor Honda, maka segeralah lakukan pemeriksaan dan perbaikan di AHASS terdekat. Lakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin sepeda motor Honda kesayangan Anda oleh teknisi handal dan berpengalaman di AHASS agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima," jelas Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.