Lebih Dekat dengan Fitur Assist & Slipper Clutch, Apa Itu?

Lebih Dekat dengan Fitur Assist & Slipper Clutch, Apa Itu?

 

Pabrikan motor saat ini menyematkan fitur dan teknologi modern pada jajaran produk terbarunya. Tak hanya line-up motor bermesin besar, motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc pun sudah dibekali dengan beragam fitur, salah satunya Assist & Slipper Clutch. Nah, fitur apakah Assist & Slipper Clutch tersebut?

Agung Sugihono selaku Training Fasilitator PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang merupakan Main Dealer Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat pun memberikan penjelasan terkait fitur Assist & Slipper Clutch. Menurutnya, fitur Assist serta Slipper memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing.

   Baca Juga: Miliki 4 Varian Warna, Berikut Detail Spesifikasi Honda CRF150L

"Assist clutch bekerja saat akselerasi, berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss. Ini membantu untuk mengunci kampas kopling dan juga plat kopling agar lebih erat," ujar Agung dalam sesi bincang virtual bertajuk 'Silaturahmi dan Webinar Product Knowledge Sepeda Motor Honda' beberapa waktu lalu.

Honda All New CBR150R 2021

Sementara itu, lanjut Agung, slipper clutch bekerja saat deselerasi yang berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika menurunkan gigi secara ekstrem akibat engine brake. Selain itu, agar tidak terjadi gesekan terlalu berlebih di bagian plat dan kampas kopling.

   Baca Juga: Honda Digosipkan Punya Motor Baru, Bakal Meluncur di GIIAS?

"Itu kelebihan Asisst & Slipper Clutch, Assist-nya memberikan tenaga tambahan, kemudian Slipper-nya mencegah roda belakang slip. Tetapi ada tambahan yang lainnya lagi, pengendara mendapatkan keringanan di handle koplingnya. Dengan teknologi ini, tenaganya bertambah tetapi tidak mengurangi kenyamanan dari perpindahan gigi, terutama ketika menarik tuas kopling," kata Agung.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id